LogoDIGINATION LOGO

Pikat Generasi Z Dengan Hal Ini

author Oleh Alfhatin Pratama Kamis, 27 September 2018 | 08:30 WIB
Share
Ilustrasi Generasi Z (shutterstock)
Share

Setelah Generasi Milenial menjadi perbincangan, generasi setelahnya juga menjadi perbincangan yang tidak kalah penting. Orang-orang biasa menyebutnya sebagai Generasi Z. Mereka adalah generasi setelah Generasi Y (Generasi Milenial), yang biasa didefinisikan  sebagai orang-orang yang lahir dalam rentang tahun kelahiran 1995 sampai 2014. Menurut Bloomberg, generasi ini jumlahnya mencapai 32% populasi dunia.

Generasi Z dinilai sangat terampil menilai apakah situs web toko online-mu layak untuk menyita waktu mereka atau tidak. Karenanya, kamu perlu menyesuaikan situsmu untuk  menjangkau Generasi ini. Kamu harus memastikan bahwa situsmu berfokus pada keterlibatan mereka. Generasi Z membuat keputusan membeli dengan cepat. Konten situs web yang bertele-tele akan mengubah niat mereka untuk berbelanja, padahal kamu harus membuat mereka tetap berada di situsmu.

Untuk menarik mereka, pertimbangkan kembali 5 tips berikut...

Baca juga: Kecepatan Loading Penting Bagi Website Ecommerce

Ilustrasi Website (shutterstock)

1. Situs Web Tidak Hanya Diakses Lewat Komputer Saja

Generasi Z bersekolah dan terlahir dalam budaya di mana ponsel merupakan sarana komunikasi utama mereka. Mereka sangat aktif menggunakan perangkat seluler dan berharap memiliki pengalaman belanja online yang memuaskan dan efisien dimanapun mereka berada. Kamu harus pikirkan agar tampilan situsmu menarik hati mereka. 

2. Pilihlah Iklan yang Lebih Baik daripada Iklan Auto-Play

Generasi Z lebih suka menonton YouTube daripada televisi. Ada juga yang mengatakan 1/3 dari mereka ingin menjadi YouTuber untuk mengekspresikan diri, ketenaran, dan kreativitas mereka.

Generasi Z ingin mengontrol pengalaman video dan musik mereka dalam suatu situs web, sehingga video atau musik yang diputar secara otomatis cukup mengganggu mereka. Mereka ingin menghabiskan waktu singkat mereka di situs web untuk segera menilai apakah situsmu memiliki sesuatu yang relevan untuk ditawarkan kepada mereka atau tidak.

Kamu harus berhati-hati karena iklan auto-play yang menghambat mereka mengakses situsmu dapat menghilangkan antusiasme mereka bahkan bisa jadi mereka tidak tertarik lagi. Mereka akan meninggalkan situsmu. Pilihlah video atau musik yang memperkuat relevansi dengan konten situsmu. Hal ini memberikan mereka kontrol dan dapat menjaga mereka untuk tetap berada disana.

Baca juga: Yakin, Strategi Beriklanmu Sudah Oke?

Ilustrasi Generasi Z (Shutterstock)

3. Jadilah Kreatif dan Tetap Cerdas

Generasi penerus ini lebih canggih dan paham teknologi. Kamu harus pastikan desain situsmu sesuai dengan kualitas dan ekspektasi mereka. Kamu harus hindari desain situs yang berlebihan tanpa memperhatikan konten. Carilah contoh situs dengan desain kreatif tapi juga memperhatikan kualitas konten. Banyak tutorial membangun situs yang dapat kamu akses dengan gratis.

4. Tingkatkan Kualitas Situsmu

Kamu harus meng-edit penggunaan JavaScript sehingga tidak memperlambat pemuatan halaman atau membuat pengguna perangkat ponsel menjadi jengkel ketika mengakses situsmu. Bekerjasamalah dengan programmer yang handal. Walaupun membutuhkan budget yang mahal tapi kamu tidak akan mengecewakan Generasi ini.

5. Ingatlah Pengetahuan Dasar Tentang Situs

Generasi Z masih mengharapkan situsmu memiliki dasar-dasar standar situs yang memuaskan dan efektif. Contohnya, kemampuan untuk cepat menemukan produk yang tepat, navigasi yang baik, pilihan pembelian dan tawaran produk yang bervariasi.

5 tips di atas dapat kamu manfaatkan untuk merangkul Generasi Z. Selain itu, ada 1 hal lagi yang menarik. Apa? Kamu akan memiliki peluang sukses yang lebih besar jika bisa menawarkan mereka program penghargaan atau insentif jika mereka menjadi pelanggan setiamu. 

Kapan kamu coba?

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
  • Sumber: E-Commerce Times
TAGS
RECOMMENDATION

Milenial Berpotensi Untuk Bisnis Asuransi

Generasi milenial, alias generasi yang lahir di sekitar tahun 1980-an hingga awal 2000-an, sekarang telah menjadi target dari banyak perusahaan dalam mengembangkan bisnis

Rabu, 18 Juli 2018 | 16:08 WIB

Pikat Milenials dengan Trik Ini

Di era di mana kita bisa berbelanja tanpa meninggalkan rumah,  generasi milenial adalah menjadi rajanya

Rabu, 8 Agustus 2018 | 03:31 WIB

Seberapa Penting Generasi Milenial Buat E-Commerce?

Topik tentang generasi milenial atau generasi Y menjadi perbincangan hangat pada ranah ekonomi digital, baik sebagai penggerak maupun pasar. Nah, seberapa penting generasi milenial untuk ekonomi digital?

Rabu, 12 September 2018 | 08:30 WIB
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB

Ini Dia Konsep Smart City ala TIBCO!

Konsep smart city banyak ditawarkan oleh beberapa perusahaan, salah satunya TIBCO Software Inc. Seperti apa sih konsepnya?

Selasa, 30 Juli 2019 | 11:15 WIB