LogoDIGINATION LOGO

Jalan-jalan ke Luar Negeri Bikin Kamu Lebih Baik

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 28 September 2018 | 08:30 WIB
Share
ilustrasi travelling (Shutterstock)
Share

Sebagian orang mungkin enggan bepergian ke luar negeri. Hal ini terkait anggapan bahwa jalan-jalan ke luar negeri butuh biaya banyak, ditambah butuh persiapan matang. Tapi bagi kamu yang ingin menjadi pengusaha sukses, ada baiknya kamu melancong ke luar negeri.

Bukan hanya sekedar rekreasi dan mencari hiburan, jalan-jalan ke luar negeri ternyata bisa bermanfaat untuk membentukmu jadi pengusaha yang kreatif dan tangguh lho. Apa saja manfaatnya? Dilansir dari laman Entrepreneur.com, berikut adalah manfaat jalan-jalan dan bertualang ke luar negeri bagi entrepreneur.

  1. Membuatmu jadi lebih kreatif

Jaime Lyn, aktris sekaligus anggota teater musikal Team Starkid, pernah berkata bahwa “Pekerjaan mengisi kantongmu, tapi petualangan memenuhi jiwamu.” Pernyataan Lyn tersebut memberikan kita insight bahwa tidak peduli apa jenis pekerjaan dan jabatan kita, pembelajaran terbaik dalam hidup berasal dari perjalanan dan petualangan yang bisa mengasah jiwa kita.

Bertualang di luar negeri ternyata mampu meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah juga meningkatkan kreativitas. Hal ini dikarenakan pengalaman yang kamu dapatkan di luar negeri di tengah orang-orang asing dan budaya baru dapat membantu memperkuat mental. Semakin banyak interaksi dengan orang asing dan berkenalan dengan kultur yang sangat berbeda, akan mendorong otak untuk berpikir out of the box. Pemikiran yang out of the box ini sangat berguna untuk diterapkan ketika menjalankan suatu bisnis.

  1. Meningkatkan keberanian

Memulai sebuah usaha tidak memerlukan gelar atau ijazah, faktor yang paling dominan adalah keberanian, juga diperlukan individu yang ulet dan tangguh. Karakter ini sangat dibutuhkan sebagai seorang entrepreneur karena kamu harus mampu melewati setiap tahap baik jatuh bangun bisnismu. Mereka yang pernah merasakan petualangan ke luar negeri secara tidak langsung telah berani keluar dari zona nyaman dan siap melewati apapun yang akan terjadi ketika berada di negara asing. Keluar dari zona nyaman juga bisa membantumu melampaui batas kemampuan dan mencapai potensi diri yang selama ini terpendam.

Baca juga: Yuk, Maksimalkan YouTube Untuk Bisnismu

  1. Menambah wawasan dan jejaring

Globalisasi dan perdagangan dunia saat ini tidak bisa dihindari lagi. Jika kamu ingin memperluas pemasaran produkmu ke luar negeri, tentunya kamu harus tahu seluk beluk budaya lokal, apakah produkmu dibutuhkan di negara tersebut, bagaimana strateginya, dan lain sebagainya. Melalui proses pengenalan tersebut, kamu punya kesempatan untuk mengerti kenapa orang-orang asing punya adat dan kebiasaan tertentu. Bertualang ke luar negeri selain menambah pemahaman tentang budaya lokal di sana juga akan memperluas jejaring. Kemampuan adaptasi budaya sangat tidak ternilai harganya, terutama ketika menyangkut perluasan ke negara dan wilayah baru.

  1. Meningkatkan kesabaran

Bertualang di negera baru mengajari kamu akan pentingnya kesabaran serta nilai empati. Kamu akan belajar bahwa komunikasi bisa jadi hal yang sangat kompleks jika dilakukan dengan orang yang memiliki perspektif dan kebiasaan yang berbeda. Saat itulah kamu belajar menghargai perbedaan, bersabar menghadapi karakter tim, juga berempati dengan para rekan bisnismu.

Baca juga: Nadiem Makarim: Anak Muda Harus Berani Gagal

Yap, ternyata banyak manfaat dari perjalanan ke luar negeri yang bisa membantumu menjadi seorang pengusaha yang lebih baik. Bagaimana, sudah siap dengan koper atau ranselmu?

 

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Entrepreneur
TAGS
RECOMMENDATION

Jokowi: Indonesia Butuh Banyak Entrepreneur

Melihat perkembangan teknologi yang semakin cepat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini hal tersebut berdampak pada hilangnya sejumlah lapangan pekerjaan namun juga menciptakan berbagai jenis pekerjaan baru

Kamis, 21 Desember 2017 | 02:53 WIB
LATEST ARTICLE

Fintech, Gaya Hidup Baru Kaum Urban

Bagaimana perkembangan fintech selama 2019? Laporan dari DailySocial dan App Annie kami rangkum dalam artikel ini

Selasa, 31 Maret 2020 | 11:30 WIB

Tren Penghasilan Aplikasi Mobile

Seiring dengan peningkatan pengguna smart phone, para pembuat aplikasi mobile saat ini sedang mengalami masa keemasannya.

Kamis, 12 Maret 2020 | 11:46 WIB