LogoDIGINATION LOGO

Ada Festival Belanja Online Lagi, Apa Peran Usaha Kecil?

author Oleh Alfhatin Pratama Kamis, 6 September 2018 | 13:34 WIB
Share
ilustrasi (Shutterstock)
Share

Festival 9.9 Super Shopping Day, yang diadakan sejak tanggal 30 Agustus 2018 dan akan berakhir pada tanggal 9 September 2018, merupakan festival kolaborasi antara pemerintah, lewat Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dengan 14 E-Commerce ternama, antara lain Shopee, Shopback, Bhinneka, e-mas, Fabelio, HappyFresh, VIP Plaza, Honestbee, Jakmall, Hijabenka, Lemonilo, ORORI, Ruparupa, dan Fabelio.

Festival ini bertujuan bukan hanya memberikan promo besar-besaran tapi juga memberikan pengalaman belanja online untuk seluruh masyarakat Indonesia yang tersebar di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dalam rangka mempersiapkan industri 4.0 Indonesia.

Pada acara peresmian Festival 9.9 Super Shopping Day di Jakarta (4/9), Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kemenperin mengatakan,"Kemenperin jelas sangat mendukung kegiatan Festival 9.9 Super Shopping Day. Dengan adanya kegiatan ini, juga dapat memperkenalkan digital kepada industri kecil dan menengah (IKM) sebagaimana salah satu tugas Kemenperin untuk membina mereka."

Baca juga: IKM Berpotensi Dikembangkan dengan Teknologi Digital

Lebih lanjut Gati menyatakan, masyarakat Indonesia yang berjumlah lebih dari 250 juta orang tidak boleh hanya menjadi sasaran pasar saja khususnya di ASEAN, tapi juga harus ikut serta berperan dalam pertembuhan perekonomian. Selain itu, Gati berharap Festival ini dapat menjadi ajang peningkatkan produksi dan promosi produk-produk dalam negeri. "Membangun Indonesia yang beragam ini tidak bisa sendirian," tambahnya. 

Radityo Triatmojo memaparkan penjelasan tentang Festival 9.9 Super Shopping Day (Foto: Alfhatin)

Menurut Radityo Triatmojo, Head of Government Relations Shopee Indonesia, masyarakat Indonesia khususnya pengguna gawai dan media sosial, tidak hanya dapat merasakan pengalaman berbelanja online yang tapi juga pengalaman berjualan atau memulai berjualan secara online. Senada dengan yang lainnya, Indra Yonathan, Country General Manager Shopback, berpendapat festival ini dapat menjadi sarana edukasi berbelanja dan berjualan online yang sehat. Indra juga berharap bahwa festival ini menjadi tantangan bagaimana e-commerce dapat menjangkau kota-kota lain di luar Pulau Jawa. 

Baca juga: Apa Pentingnya Toko Resmi di Platform E-commerce?

 

 

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

40 Istilah Dalam Cryptocurrency

Bicara aset, cryptocurrency, dan pom-pom, sebenarnya apa sih itu? Ini dia pengertian cryptocurrency dan istilah lainnya.

Kamis, 4 Maret 2021 | 07:17 WIB