LogoDIGINATION LOGO

5 Inovasi Perbankan Menarik di Binnova 2017

author Oleh Desy Yuliastuti Rabu, 29 November 2017 | 08:23 WIB
Share
Dok. Sinergi 46
Share

Ajang kompetisi inovasi produk layanan perbankan berbasis teknologi digital, BNI Bussiness Innovation Award (Binnova) kembali digelar untuk tahun 2017. Bertempat di kantor pusat PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Jakarta, rangkaian acara yang berlangsung pada 27-28 November 2017 diramaikan Innovation Festival dan penentuan Top 10 Inovasi. Sebanyak 46 karya inovasi yang dipamerkan telah berhasil menyisihkan 612 partisipan lainnya dalam seleksi regional sejak awal November 2017 lalu. Setelah proses pitching, terpilih 10 inovasi terbaik yang berhak masuk ke tahapan inkubasi. Berbagai prototype aplikasi yang dipamerkan mencakup layanan financial planner, mobile banking e-commerce, aplikasi untuk memperkuat quality services, dan sebagainya yang merupakan inovasi produk dan inovasi proses bisnis. Dari sekian banyak karya inovasi digital, berikut lima aplikasi menarik yang kami temukan dalam Binnova 2017.

Kania

Kania
Kania merupakan aplikasi buka rekening dalam genggaman. Nasabah bisa mengisi formulir pembukaan rekening tanpa perlu datang ke bank, semua proses dilakukan via Kania. Verifikasi dilakukan oleh petugas dengan data e-KTP dan fingerprint. Kartu debit nasabah juga diantar langsung oleh petugas dengan waktu pengantaran yang bisa dipilih sendiri.

B-Kids

B-Kids
B-Kids (BNI Mobile Banking Kids) merupakan aplikasi mobile banking untuk anak-anak. Aplikasi ini bisa membantu orang tua untuk mendidik anak-anak mengatur keuangannya dan mengelola aktivitas setiap hari. Anak dapat melakukan transaksi sederhana, seperti pembelian pulsa via mobile banking dan top-up saldo transportasi online. Aplikasi ini direncanakan terhubung dengan BNI Mobile Banking yang digunakan oleh orang tuanya.

BNI DIGGriya

BNI-Griya
BNI DIGGriya menawarkan pengalaman baru mencari rumah sesuai dengan profil dan kebutuhan. Proses mengajukan permohonan KPR dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan online via aplikasi. Terdapat fitur informasi rumah, kalkulasi informasi dan menghubungi petugas bank, progress permohonan KPR, mengetahui jumlah angsuran, dan membayar langsung tagihan via fasilitas link ke internet banking BNI.

Digi Mob

Digi Mob
Digi Mob merupakan aplikasi one stop solution untuk kebutuhan layanan perbankan. Terdapat fitur pembukaan rekening via aplikasi, mendaftar antrian di bank via online secara real time, dan pembelian tiket pesawat dan kereta. Menariknya, ada fitur Digicard berbasis NFC yang bisa digunakan untuk mengambil uang di mesin ATM meskipun kartu ATM tertinggal.

Care

Care
Care merupakan aplikasi mobile yang ditujukan bagi komunitas Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Aplikasi ini menyediakan fitur e-learning untuk pembelajaran berwirausaha, Lapak Rakyat sebagai wadah jual beli antarkomunitas TKI, Banking Zone, e-commerce, fitur chat, serta info peluang usaha dan ketenagakerjaan. Melalui Care diharapkan para TKI dapat menciptakan lapangan usaha baru saat sampai di Indonesia dan menumbuhkan UMKM.

* Tulisan ini merupakan kerja sama antara Digination.id dan BNI

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB