LogoDIGINATION LOGO

BNI Luncurkan BNI E-Samsat Bagi Pemilik Kendaraan Bermotor

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 10 November 2017 | 09:12 WIB
Share
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bersinergi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meluncurkan E-Samsat pada hari Kamis (9/11) kemarin di Jakarta
Share

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bersinergi dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meluncurkan E-Samsat pada hari Kamis (9/11) kemarin di Jakarta. Dengan E-Samsat, masyarakat dan nasabah BNI dapat melakukan pembayaran pajak kendaraannya melalui channel BNI.

Peluncuran Samsat Online tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik Samsat, mulai dari pendaftaran, penetapan, dan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), hingga Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

Sistem E-Samsat yang dikembangkan BNI memberikan kemudahan bagi wajib pajak kendaraan bermotor dalam membayar pajak. Wajib pajak dapat membayar PKB tahunan miliknya di seluruh ATM & channel-channel BNI.

“Resi pembayaran dari ATM akan menjadi bukti resmi bahwa wajib pajak kendaraan telah membayar PKB. Wajib pajak dapat mendatangi Kantor Samsat setempat untuk melakukan pengesahan STNK,” jelas Corporate Secretary BNI Kiryanto.

Dengan adanya launching Samsat Online Nasional ini, pelayanan Samsat memasuki babak baru yaitu modernisasi pelayanan publik demi terwujudnya pelayanan yang lebih mudah, lebih cepat, lebih transparan, dan lebih akuntabel. Kondisi tersebut diharapkan dapat meminimalisir pungutan-pungutan liar dari praktik percaloan.

“Hal ini juga merupakan wujud nyata dari komitmen BNI sebagai banking partner dari Polri, Pemerintah Pusat, hingga Pemerintah Daerah dalam mendukung program pemerintah untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dengan sistem pajak online,” tambah Kiryanto lagi.

Layanan yang dapat diakses melalui mesin ATM BNI ini dapat dimanfaatkan bagi nasabah dan masyarakat umum di tujuh daerah yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali, dan Banten. Daerah layanan ini akan terus dikembangkan hingga seluruh nasabah BNI dan masyarakat umum lainnya di Indonesia dapat menikmati layanan yang sama.

 

Artikel ini merupakan kerja sama Digination.id dengan BNI

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB