LogoDIGINATION LOGO

Ini Untungnya Pakai Kartu Debit Berlogo GPN

author Oleh Desy Yuliastuti Senin, 25 Juni 2018 | 08:59 WIB
Share
Bank Indonesia bersama perbankan meluncurkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)
Share

Bank Indonesia bersama perbankan meluncurkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). GPN sendiri merupakan sistem yang menyatukan berbagai sistem pembayaran atau transaksi perbankan agar saling terkoneksi.

Kartu GPN bisa dimiliki secara gratis dengan menukarkan kartu ATM dan/atau kartu debit di kantor cabang Bank terdekat. Untuk nasabah yang baru membuka rekening maka akan otomatis ditawarkan kartu berlogo GPN.

Per 1 Januari 2022, Bank Indonesia mewajibkan seluruh nasabah bank untuk memiliki minimal satu kartu ATM dan/atau kartu berlogo garuda merah ini. Nantinya, BI juga menargetkan untuk menerbitkan kartu kreditberlogo GPN pada 2019 mendatang.

Nah, hadirnya GPN pasti bikin kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa perbedaan kartu debit berlogo GPN dengan kartu berlogo internasional? Lalu apa keuntungannya? Yuk, mengenal lebih jauh kartu jenis ini!

-

Perbedaan Kartu Debit GPN dengan Kartu Debit Biasa

Sebenarnya, perbedaan fungsi kartu debit berlogo GPN tidak terlalu signifikan dengan kartu debit berlogo prinsipal asing, seperti Visa dan Mastercard. Namun, hal yang membedakan adalah pemrosesan transaksi (routing) kartu debit berlogo GPN dilakukan di dalam negeri.

Setelah ada kartu debit berlogo GPN, kartu berlogo Visa dan Mastercard tetap boleh beredar dan digunakan. Akan tetapi, kartu berlogo GPN hanya bisa dipakai untuk berbelanja di dalam negeri saja.

“Kartu berlogo domestik hanya bisa dipakai di domestik. Sedangkan kartu yang berlogo internasional, bisa dipakai di domestik dan internasional. Bedanya apa? Bedanya yang berlogo domestik sudah pasti pemrosesan transaksinya lebih murah,” jelas Kepala Pusat Program Transformasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko.

Merujuk data Bank Indonesia, saat ini perbankan sudah mencetak 400.000 kartu debit berlogo GPN. Selain itu, 98 perbankan juga sudah berkomitmen untuk mencetak dan mengedarkan kartu debit berlogo GPN.

-

Keuntungan Kartu Debit Berlogo GPN

Banyak manfaat yang bisa diperoleh jika mengganti kartu debit kamu dengan kartu debit berlogo GPN, di antaranya mendapat biaya administrasi kartu bulanan mulai dari Rp500 hingga Rp1.000. Ke depannya, biaya transfer dan tarik tunai juga akan turun.

Dar sisi kemananan, kartu berlogo GPN sudah menggunakan teknologi chip (NISCCS) yang lebih aman. Pemrosesan transaksi yang dilakukan di dalam negeri dengan standar nasional juga membuat kerahasiaan data kamu sebagai nasabah lebih terjaga.

Selain itu, dengan kartu debit berlogo GPN kamu bisa bertransaksi menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan Electronic Data Capture (EDC) dari bank mana pun. Banyak pula promo yang dihadirkan pihak perbankan kepada pengguna kartu debit berlogo GPN.

-

Untuk pedagang, Bank Indonesia memberikan penurunan biaya Merchant Discount Rate (MDR) bagi transaksi yang menggunakan kartu debit berlogo GPN. Sebelumnya  MDR yang dibebankan kepada pedagang sebesar 2-3 persen.

Penggunaan kartu debit berlogo GPN memangkas biaya MDR menjadi 1 persen. Penyusutan itu diperkirakan akan ada penghematan sebesar Rp1,3-Rp1,8 triliun bagi sistem keuangan nasional. Dengan menggunakan kartu debit berlogo GPN kamu juga turut berperan mendukung kedaulatan sistem pembayaran nontunai yang lebih baik di Indonesia.

Nah, apalagi manfaat yang kita dapat dari GPN tersebut? Kamu bisa cari tahu dengan ikut diskusi #digitalksid tanggal 29 Juni 2018 nanti. Daftar sekarang, yuk di bit.ly/digitalksid2. Gratis!

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB