LogoDIGINATION LOGO

Jerman Punya Bank Pertama Dengan Cryptocurrency

author Oleh Sukindar Senin, 14 Mei 2018 | 04:57 WIB
Share
Cryptocurrency memang sedang booming namun di lain sisi masih memberikan banyak kerentanan yang tidak ditemukan oleh mata uang tradisional
Share

Cryptocurrency memang sedang booming namun di lain sisi masih memberikan banyak kerentanan yang tidak ditemukan oleh mata uang tradisional.

Yang cukup kentara, mata uang digital ini memiliki nilai yang sangat fluktuatif, yang sangat berisiko jika digunakan untuk melakukan investasi dalam jangka panjang.

Melihat hal tersebut, salah satu bank di Jerman telah menemukan solusinya dan menawarkan teknologi blockchain  di dalam layanannya.

Berbeda dengan teknologi perbankan tradisional, teknologi blockchain memang menawarkan fleksibilitas, kemudahan, keamanan, dan juga biaya yang relatif murah dalam industri finansial.

Hal ini menjadi dasar Radoslav Albrecht membangun bank online, dengan menggunakan cryptocurrency ternama BitCoin untuk memfasilitasi transfer uang berskala internasional.

Albrecht menyebutkan bahwa transfer uang tradisional memakan biaya relatif mahal karena terdapat biaya pertukaran mata uang, serta kadang memakan waktu hingga berhari-hari.

Baca Juga:
Facebook Juga Tertarik Dengan Cryptocurrency

Namun, dengan bank online yang disebut Bitbond miliknya, biaya transfer tidak lagi akan bergantung pada jenis mata uang pengguna dan akan bernilai sangat murah, serta proses transfer dapat berjalan dengan sangat cepat.

Menariknya, pengguna hanya akan menggunakan cryptocurrency dalam beberapa menit sebelum dikonversi ke dalam mata uang lokal.

Hal ini dilakukan untuk memastikan pengguna tidak terpengaruh dengan fluktuasi pasar cryptocurrency, yang sangat berisiko saat digunakan dalam waktu yang lama.

Saat ini, perusahaan perbankan yang didirikan pada tahun 2013 ini telah melayani transaksi dengan nilai hingga USD 1 juta setiap bulan.

Dengan 24 pegawainya, Bitbond mampu melayani lebih dari 100 mitranya, yang kebanyakan adalah pemilik usaha kecil atau pegawai freelance yang membutuhkan pinjaman internasional.

Perusahaan ini menjadi perusahaan pertama yang memfasilitasi pinjaman berskala internasional dengan Bitcoin, meskipun sebenarnya penggunaan Bitcoin sebagai jaminan pinjaman telah dilakukan di masa lalu.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Digitaltrends
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB