LogoDIGINATION LOGO

Di Pasar Ini, Beli Tempe Nggak Pakai Duit

author Oleh Ana Fauziyah Jumat, 16 Maret 2018 | 12:15 WIB
Share
Pasar Modern Bintaro menjadi salah satu pilot project TCASH dalam rangka mengembangkan ekosistem digital di Indonesia
Share

Pasar Modern Bintaro menjadi salah satu pilot project TCASH dalam rangka mengembangkan ekosistem digital di Indonesia. Di pasar ini, TCASH telah melakukan upaya edukasi digital ke para pedagang lapak di area sayur mayur, buah, dan bahan makanan dengan memperkenalkan sistem pembayaran baru tanpa uang tunai, yaitu cukup dengan scan kode QR melalui aplikasi TCASH.

Dengan memakai aplikasi TCASH di smartphone, pembeli bisa membayar barang-barang belanja kebutuhan sehari-hari seperti tempe, ayam broiler, buah-buahan dengan melakukan scan kode QR di lapak pedagang. Setelah melakukan scan kode QR dengan smartphone, saldo pembeli akan secara otomatis berpindah ke akun penjual sesuai harga barang yang dibelinya.

Dengan metode pembayaran yang praktis tersebut, pembeli tidap perlu repot-repot membawa uang tunai. Penjual pun dimudahkan karena tidak harus menyediakan uang kembalian. Sekitar 90 pedagang lapak di Pasar Modern Bintaro telah beralih menerima metode pembayaran TCASH dan mendapatkan edukasi digital dan pendampingan dari TCASH.

Bu Siti, pedagang ayam broiler di Pasar Modern Bintaro menyatakan bahwa 50% pembelinya telah menggunakan TCASH dalam transaksi sehari-hari. “Alhamdulillah udah lancar pake TCASH,” ujar Bu Siti saat ditemui Digination.id di Pasar Modern Bintaro (Jumat, 16/3).

Pedagang yang sudah 16 tahun berjualan ayam broiler di Pasar Modern Bintaro itu mengatakan bahwa TCASH sangat membantunya dalam menarik konsumen. “Menariknya TCASH itu banyak promo dan hadiah. Diskon mulai dari 5% sampai dengan 50%,” jelas Bu Siti. “Banyak pembeli kan ibu-ibu. Ibu-ibu kan suka tuh yang diskon-diskon,” terangnya lagi.

Hal tersebut diamini oleh Bisri, pedagang tempe di Pasar Modern Bintaro. Banyak pembeli yang membayar belanjaan mereka dengan menggunakan TCASH karena banyak promo dan diskon. Tapi ia meminta TCASH untuk semakin menggencarkan sosialisasi ke konsumen agar banyak yang tahu tentang TCASH. “Sosialisasinya aja sih Mbak yang kurang. Biar makin banyak yang bayar belanja dengan TCASH gitu,” ujarnya pada Digination.id.

Pasar dijadikan sebagai fokus TCASH karena merupakan ekosistem yang ideal untuk edukasi gaya hidup digital, tempat bertemunya masyarakat dari berbagai kalangan, serta menjadi salah satu lokasi dengan aktifitas transaksi tunai terbanyak.

“TCASH hadir di Pasar Modern Bintaro untuk mendigitalisasi transaksi di pasar dan mengedukasi pedagang. Dengan inisiatif ini, kami berharap dapat membantu meningkatkan daya saing pedagang dan mengembangkan bisnis mereka, baik dalam jangka pendek maupun panjang,” terang Herman Suharto, Head of TCASH Lifestyle.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB