Masyarakat Harus Jeli Manfaatkan Teknologi Jadi Peluang Usaha

author Oleh Desy Yuliastuti Jumat, 2 Maret 2018 | 10:40 WIB
Share
Perkembangan teknologi saat ini menjadi salah satu penentu utama pertumbuhan ekonomi
Share

Perkembangan teknologi saat ini menjadi salah satu penentu utama pertumbuhan ekonomi. Teknologi dapat menjamin produktivitas yang lebih tinggi, peningkatan efisiensi, keamanan, dan kenyamanan. Namun, di lain sisi ada konsekuensi bagi kehidupan manusia.

Sistem otomasi dalam teknologi dapat menimbulkan dampak buruk seperti pengurangan pekerja, terbuangnya keterampilan, dan penghematan upah. Bahkan, World Economic Forum memperkirakan 5 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2020 akibat perkembangan teknologi.

Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, menyatakan guna mencegah dampak buruk tersebut, sumber daya manusia di Indonesia perlu disiapkan memiliki pendidikan dan keterampilan yang sesuai, relevan, dan berguna di era digital saat ini, misalnya dengan memperluas usaha dalam dunia ekonomi digital.

Baca juga: Menperin Ajak Generasi Muda Tangkap Peluang Ekonomi Digital

Dengan begitu, perkembangan teknologi justru bisa membantu memperluas lapangan pekerjaan baru, sebagaimana platform e-commerce yang mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia.

Diperkirakan 90 juta penduduk Indonesia dapat menjadi pengguna digital pada tahun 2030. Jumlah itu menurutnya adalah potensi besar sebagai penopang pertumbuhan ekonomi berbasis digital.

“Kita perlu melakukan pendekatan untuk mempromosikan budaya digital dan pola pikir, agar mendorong kewirausahaan dan inovasi,” kata Rudiantara saat menghadiri Seminar Internasional bertajuk ‘Human Capital Investment: A New Driving Force of the Economy’, di Badung, Bali, Kamis (01/03/2018).

Baca juga: UKM Dibuatkan Aplikasi "Early Warning", Buat Apa?

Saat ini, ucap Rudiantara, pemerintah akan lebih menjadi regulator, yakni memberi kebijakan yang mempermudah pelaku digital; fasilitator yakni mewadahi proses digitalisasi; dan akselerator yakni terus mendorong masyarakat dalam budaya digital. Kendati demikian, upaya pemerintah tersebut harus didukung oleh usaha masyarakat serta institusi pendidikan.

Seminar ‘Human Capital Investment: A New Driving Force of the Economy' dibuka Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menyampaikan perlunya investasi di bidang SDM untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran negara. Selanjutnya terbagi dalam tiga sesi, dengan pembicara utama beberapa Menteri dalam Kabinet Kerja serta para ahli dari lembaga keuangan internasional, negara-negara maju dan berkembang, profesional, dan akademisi.

Baca juga: Melek Literasi Digital, Mahasiswa Didorong Ciptakan Wirausaha Baru

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB