LogoDIGINATION LOGO

Menristekdikti: Mahasiswa Harus Kuasai Coding

author Oleh Ana Fauziyah Selasa, 27 Februari 2018 | 07:15 WIB
Share
Sebagai dampak era digital, perguruan tinggi dituntut untuk menelurkan mahasiswa yang juga siap menghadapi digitalisasi dalam berbagai bidang
Share

Sebagai dampak era digital, perguruan tinggi dituntut untuk menelurkan mahasiswa yang juga siap menghadapi digitalisasi dalam berbagai bidang. Karena itu mahasiswa dituntut mempunyai kemampuan lebih antara lain menguasai coding, selain ilmu yang didapat dari program studi utama.

Menurut Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, dalam era ekonomi digital akan ada beberapa pekerjaan yang tereliminasi digantikan dengan bidang yang baru. Ia mencontohkan, akuntan akan secara perlahan ditinggalkan dan digantikan oleh komputer.

“Oleh karena itu, perguruan tinggi harus mampu mempersiapkan mahasiswa jurusan akutansi dalam mengahadapi perubahan di era digital ini, yakni dengan cara melakukan inovasi pada materi ajar dengan menambahkan coding pada mahasiswa jurusan akutansi,” papar Nasir, mengutip keterangan resmi (Selasa, 27/2).

“Kita mendidik mahasiswa akutansi, mungkin peran dia ke depannya akan diambil alih oleh komputer, maka mahasiswa saat ini harus menguasai coding,” imbuh Nasir.

Nasir menambahkan bahwa pimpinan perguruan tinggi wajib mendukung inovasi untuk menghadapi perubahan global dan memenuhi kebutuhan sumber daya Indonesia yang kreatif, Inovatif dan kompetitif.

Menurutnya, dengan terus berfikir kreatif dan melakukan inovasi maka perguruan tinggi Indonesia akan mampu bersaing di era global. “Yang harus kita perhatikan adalah negara yang jadi pemenang tidak musti yang penduduknya besar dan negara yang kaya. Negara yang punya inovasi yang akan jadi pemenang dalam kompetisi global,” pungkasnya.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE