LogoDIGINATION LOGO

3 Pengaruh Data Science di Era Digital

author Oleh DQLab Jumat, 2 Februari 2024 | 19:13 WIB
Share
Share

Di era digital saat ini, Data Science memberikan inovasi baru di berbagai sektor utama, tak hanya itu data juga membentuk bagaimana cara kita bekerja atau operasional bisnis, berinteraksi, dan membuat keputusan. Data Science adalah tentang menemukan pola angka serta membantu memberikan pilihan, dengan adanya kemajuan teknologi dan ketersediaan yang melimpah tersebut menjadikan Data Science memiliki dampak yang signifikan dalam transformasi digital.

Pada artikel ini akan mengulas tiga pengaruh dari Data Science, dimana mampu merubah cara perusahaan bekerja dan berkembang. Simak selengkapnya, berikut ini:

Peluang Meningkatkan Insight dan Pengambilan Keputusan

Pada prosesnya, data akan diubah menjadi suatu informasi yang berwawasan dan dapat ditindaklanjuti. Agar dapat bisa digunakan dengan baik, maka dibutuhkannya pemahaman dasar tentang manipulasi data. Hal ini berarti berkaitan dengan logika untuk membuat sebuah formula guna mengekstrak informasi dan mengubah data spreadsheet yang kurang menarik & dipahami menjadi visualisasi yang mudah untuk diuraikan.

Baca juga: 4 Persiapan Belajar Data Science Gratis untuk Pemula

Melalui teknik-teknik analisis data, kita akan terlatih untuk membuat sebuah keputusan dengan banyak cara serta menginterpretasikan data dengan skala yang besar dan kompleks, dengan begitu dapat membuktikan tesis apakah ‘hal ini’ sudah tepat atau tidak. Dengan adanya Data Science yang mampu meningkatkan wawasan dan logika, akan memberikan dampak yang bermanfaat baik untuk pengambilan keputusan yang akurat secara data oriented. Sebagai contoh, dalam dunia bisnis, prediksi penjualan yang lebih akurat dapat membantu mengoptimalkan supply chain dan manajemen inventaris.

Inovasi Produk dan Layanan

Data Science juga memainkan peran penting dalam menghasilkan inovasi produk dan layanan. Dengan analisis data secara mendalam, perusahan dapat memahami preferensi pelanggan, mengikuti trend market untuk ride the wave, dan kebutuhan dari pelanggan yang belum terpenuhi. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk merancang produk dan layanan baru yang lebih relevan dan sesuai dengan ekspektasi konsumen. Contohnya seperti dalam industri teknologi, penggunaan Data Science dan teknik-tekniknya dalam pengembangan produk yang bisa menciptakan sebuah aplikasi lebih efisien dan efektif sesuai kebutuhan pelanggan seperti e-Wallet, e-Commerce, dan lainnya.

Potensi Mengubah Dunia

Data Science memungkinkan kita untuk berkontribusi mengubah dunia menjadi kehidupan yang lebih baik. Mengevaluasi data dan mengidentifikasi wawasan, memungkinkan kita bisa merekomendasikan suatu keputusan yang lebih baik dan bermanfaat, misalnya seperti dengan data dapat menemukan penyakit-penyakit yang ada pada pasien dan mampu memberikan hasil analisis pasien yang lebih akurat. 

Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis

Selain itu, Data Science bukanlah hanya sekadar teknologi tambahan, tetapi juga menjadi inti dari transformasi bisnis dan masyarakat. Dengan kemampuannya dalam pengambilan keputusan yang lebih akurat, menemukan pola mendalam, ini memberikan dampak yang signifikan di berbagai sektor. Agar dapat memahami konsep Data Science dan memanfaatkan potensi sepenuhnya dalam menghadapi tantangan di era digital, kamu bisa mulai belajar Data Science di DQLab. 

DQLab adalah kursus belajar Data Science online dengan menawarkan program belajar LiveClass bersama praktisi data profesional dengan metode belajar secara daring dan dibuka untuk pemula sekalipun. Ikuti kelasnya atau informasi lebih lanjut kunjungi DQLab.id.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB