LogoDIGINATION LOGO

Tips Menjaga Cashflow Agar Hobi Otomotif Tetap Jalan

author Oleh Dewi Shinta N Jumat, 26 Januari 2024 | 15:14 WIB
Share
Share

 

Setelah seminggu penuh bekerja, bergelut dengan hobi memang menjadi healing tersendiri. Namun hobi yang disukai, terkadang membuat kantong kering, karena ingin terus upgrade apa yang menjadi tren. 

Salah satu hobi yang cukup digemari adalah hobi otomotif, baik modifikasi maupun perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Banyaknya tren otomotif saat ini menimbulkan tantangan finansial tersendiri. Agar finansialmu tetap aman, Marketeers beri tips agar hobi tetap jalan tapi finansial tetap aman!

Melakukan perawatan secara rutin

Perawatan rutin, seperti penggantian oli, rotasi ban dan filter dapat menjaga performa kendaraan dan meminimalisasi pengeluaran budget ekstra. Jika kamu masih memiliki fasilitas service gratis dari diler, maka kamu bisa manfaatkan hal tersebut.

Membuat budget khusus untuk hobi

Setelah memenuhi kebutuhan utama motormu, kamu bisa membuat budget khusus yang terkait dengan hobi otomotif, seperti kebutuhan bahan bakar, pemeliharaan rutin, asuransi, perbaikan/penggantian spare part, hingga kebutuhan modifikasi.

Baca juga: Rencanakan Keuangan dengan Bijak, Berikut ini 4 Langkah Mempersiapkan Dana Darurat

Memilih bahan bakar yang tepat

Pilihlah bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan. Hal ini dapat membantu kamu menjaga performa kendaraan serta menghindari kerusakan pada komponen mesin kendaraan. Selain itu, sebaiknya hindari seringnya tangki bahan bakar yang kosong agar terhindar dari risiko karat pada tangki dan kemudian menimbulkan gangguan pada kinerja kendaraan.

Berbelanja kebutuhan otomotif dengan hemat

Agar tidak menjadi impulsif dan mengganggu cash flow keuangan, carilah penawaran atau promosi dari beberapa toko spare part atau modifikasi dan lakukan perbandingan spesifikasi serta harga yang ditawarkan. Selain itu, berbelanja saat event khusus juga bisa menjadi pilihan dalam mendapatkan diskon harga atau bonus hadiah tertentu.

Bergabung dalam komunitas otomotif

Selain dapat menambah relasi, bergabung dalam komunitas otomotif juga dapat memberikan manfaat lainnya, seperti mudahnya mendapatkan informasi terkait jual beli spare part dan diskon khusus dari bengkel rekomendasi.

Baca juga: Mau Keuangan Tetap Aman di Tanggal Tua? Simak Tips Manajemen Keuangan SMART ini!

Memiliki asuransi kendaraan

Tips terakhir yang memiliki dampak besar adalah asuransi kendaraan. Dengan memiliki asuransi kendaraan, kamu dapat terhindar dari beban finansial jika terjadi kecelakaan atau kerusakan yang tidak terduga pada kendaraan. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Hal lain yang perlu diingat ketika ketika kamu memiliki hobi otomotif adalah kedisiplinan dalam mengelola budget khusus hobi kamu, agar tidak selalu tergiur dengan penawaran menarik yang dapat mengganggu cash flow dari kebutuhan lainnya.

Sumber: https://www.marketeers.com/tips-menjaga-cash-flow-bagi-pencinta-otomotif/ 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB