LogoDIGINATION LOGO

Apakah Corporate Training Data Penting?

author Oleh DQLab Rabu, 6 Desember 2023 | 11:00 WIB
Share
Share

 

Dalam era bisnis yang penuh tantangan dan dinamis, membuat lingkungan kerja pun ikut serta menjadi semakin kompetitif. Hal ini membuat banyak perusahaan membutuhkan tenaga kerja karyawan yang sangat terampil dan terlatih agar tetap relevan dalam industrinya. 

Data-driven culture atau budaya data-driven kini sudah menjadi kunci optimalkan aspek operasional perusahaan. untuk dapat mengimplementasikan data yang kian penting tersebut, banyak perusahaan melakukan corporate training data sebagai solusi pengembangan keterampilan tenaga kerja menuju masa depan dengan keunggulan kompetitif.

Pada artikel ini akan membahas tuntas alasan dibaliknya pelatihan data di perusahaan menjadi suatu hal krusial dalam mengelola maupun meningkatkan kerja tenaga kerja secara keseluruhan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Mengenal Corporate Training

Corporate training adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan kepada karyawan oleh pemberi kerja, dan biasanya pelatihan ini tidak dipungut biaya (gratis). Hal ini mencakup berbagai topik, mulai dari meningkatkan pengetahuan, upskill, dan kompetensi teknis karyawan. Dalam konten training data, tenaga kerja akan mendapatkan pelatihan secara mendalam baik ditunjukkan dari level beginner, intermediate, ataupun advanced sekalipun.

Baca juga: 3 Bootcamp DQLab, Persiapkan Kamu Jadi Data Analyst

Adanya pelatihan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada perusahaan melainkan juga menguntungkan bagi para pekerja membantu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berubah dengan cepat terutama di bidang data.

Benefit dari Corporate Training Data

Data yang dimiliki oleh perusahaan bukan hanya sebagai catatan rutin saja, tetapi juga mampu memberikan solusi atas permasalahan bisnis yang ada. Sehingga, begitu penting keterampilan yang mumpuni dalam mengolah data-data secara end-to-end process. Berikut beberapa benefit dari pelatihan data corporate:

Mengukur Efektivitas Pelatihan

Data pelatihan perusahaan memberikan landasan untuk mengukur sejauh mana program pelatihan  mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Melalui analisis data ini, perusahaan dapat mengevaluasi dampaknya pada kinerja karyawan, serta sejauh mana pengetahuan yang diperolehnya selama pelatihan diimplementasikan dalam konteks pekerjaan sehari-hari.

Personalisasi Pembelajaran

Melalui corporate training data, perusahaan dapat menciptakan sebuah pengalaman pembelajaran yang dipersonalisasikan untuk setiap karyawan. Data tersebut memungkinkan identifikasikan kebutuhan individu, serta memastikan setiap karyawan mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan tingkat pemahaman dan kebutuhan spesifik mereka.

Identifikasi Keterampilan dan Kekurangan

Corporate training data dapat membantu perusahaan untuk memahami lanskap keterampilan karyawan. Dengan informasi ini, perusahaan dapat mengidentifikasikan keterampilan yang sudah dimiliki karyawan dan juga area dimana mereka perlu mendapatkan pengembangan skill lebih lanjut. Sehingga, perusahaan dapat mengarahkan karyawan mengikuti pelatihan dengan lebih efektif.

Meningkatkan Retensi Karyawan

Investasi dalam pelatihan dan pengembangan karyawan memiliki dampak positif pada retensi karyawan. Corporate training data membantu perusahaan mengevaluasi apakah program pelatihan memberikan nilai tambah yang cukup bagi karyawan, yang pada gilirannya memungkinkan peningkatan pada loyalitas dan retensi.

Baca juga: Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

Dengan memahami nilai penting dari data pelatihan, perusahaan dapat mencapai efisiensi yang lebih tinggi dalam pengembangan karyawan dan menghadapi perubahan dengan lebih siap dalam lingkungan bisnis yang kompetitif. Agar dapat membantu pencapaian tujuan perusahaan, maka dibutuhkannya strategi pendekatan yang benar untuk pelatihan corporate data agar pelatihan tidak gagal dan tidak menghabiskan banyak pengeluaran.

DQLab adalah kursus pelatihan Data Science secara online menggunakan bahasa Indonesia, dengan pembelajaran secara terstruktur dan mendalam serta memberikan modul yang sesuai kebutuhan industri. Tersedia program Bootcamp DQLab yang dapat diikuti oleh karyawan untuk upskill bidang data serta dapat mengimplementasikan ilmu Data di industri. Informasi pendaftaran dan detail programnya dapat kunjungi tautan https://dqlab.id/live-class

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB