LogoDIGINATION LOGO

WhatsApp Izinkan Penggunanya Pakai 2 Akun dalam 1 Aplikasi

author Oleh Dewi Shinta N Sabtu, 28 Oktober 2023 | 11:00 WIB
Share
Share

 

Kabar gembira bagi pengguna Whatsapp. Akhirnya, WhatsApp mengizinkan penggunakan menggunakan dua akun dalam satu aplikasi. 

Jika sebelumnya kita perlu menggunakan dua device untuk memisahkan nomor pribadi dan kantor. Dengan fitur ini, kamu bisa menambahkan satu nomor WhatsApp dalam satu aplikasi di handphone

"Hari ini, kami memperkenalkan kemampuan untuk memiliki dua akun WhatsApp di Android yang login sekaligus. Fitur ini memudahkan Anda beralih antarakun—misalnya akun kerja dan akun pribadi—sehingga Anda tidak perlu lagi keluar-masuk akun, membawa dua ponsel, atau khawatir akan berkirim pesan dengan akun yang salah," ungkap WhatsApp pada blog yang di rilis, 19 Oktober 2023.

Fitur multi-akun ini sebenarnya sudah terungkap sejak Juni lalu. Saat itu, fitur ini ditemukan di WhatsApp Beta bisnis.

Baca juga: Meta Rilis Fitur Baru, Sekarang Pengguna Whatsapp Bisa Kirim Foto HD

Sebelumnya, WhatsApp memang tidak mengizinkan adanya opsi untuk menggunakan dua akun di satu aplikasi. Pengguna perlu menggunakan "trik" seperti cloning WhatsApp di Android untuk bisa mengakses dua akun Whatsapp di satu handphone. Ini pun hanya mengaktifkan dua aplikasi dengan dua nomor secara terpisah, bukan dua nomor di satu aplikasi

Tidak seperti kompetitornya, Telegram telah lebih dahulu menjajakan fitur multi-akun di aplikasi mereka. Seperti tidak ingin kalah saing, akhirnya di pertengahan Oktober ini WhatsApp mulai memberanikan diri untuk mengizinkan pengguna menggunakan dua akun dalam satu aplikasi.

Meski demikian, untuk menggunakan fitur ini pengguna tetap membutuhkan nomor telepon yang berbeda. Pengguna mesti memilih salah satu nomor satu aplikasi karena akun WhatsApp hanya bisa diverifikasi dengan satu nomor telepon saja.

Untuk menyiapkan akun kedua, kamu perlu nomor telepon kedua beserta kartu SIM, atau ponsel yang mendukung multi-SIM atau eSIM.

Tak dijelaskan berapa jumlah maksimal akun yang bisa digunakan secara bersamaan di aplikasi. Namun, karena biasanya smartphone hanya dapat memiliki dua nomor atau biasa disebut dual sim, jadi kemungkinan hanya dua akun saja yang terdapat dalam satu aplikasi.

Baca juga: Meta Rilis Centang Biru Berbayar, Apa itu Meta Verified?

Fitur multi-akun saat ini sudah bisa kamu coba di aplikasi WhatsApp mobile versi 2.23.20.76 di ponsel Android. Berikut cara untuk mengaktifkan multi-akun:

  • Buka WhatsApp 
  • Klik menu "Pengaturan/Settings" 
  • Klik tanda panah di samping nama kamu
  • Klik pilihan "Add account" Klik "Agree and continue" 
  • Masukkan negara, kode negara, dan nomor WA kedua 
  • Klik "Next" Masukkan nama profile 
  • Tunggu proses add account selesai

Untuk beralih akun, kamu tinggal klik tiga titik di pojok kanan atas > klik "Switch accounts". Nanti kamu akan langsung dialihkan ke akun WA dengan nomor lain.

Jika tidak ada tanda panah di samping nama, mungkin aplikasi WhatsApp kamu butuh update. Cobalah kunjungi toko aplikasi Google Play Store atau App Store untuk mengunduhnya.

Namun jika masih belum ada, kamu bisa cek berkala fitur baru ini. Kemungkinan fitur multi-akun ini belum dibagikan secara merata ke semua perangkat, termasuk ponsel kamu. 

  • Editor: Dewi Shinta N
  • Sumber: https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fblog.whats
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB