LogoDIGINATION LOGO

Meta Rilis Centang Biru Berbayar, Apa itu Meta Verified?

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 31 Juli 2023 | 18:09 WIB
Share
Share

 

Bagi kamu yang ingin memiliki centang biru di Facebook dan Instagram, saat ini kamu bisa mendapatkannya meski akunmu belum memiliki banyak pengikut. Yups.. Meta baru saja meluncurkan progarm Meta Verified untuk para pengguna Facebook & Instagram di Indonesia. 

Kehadiran layanan centang biru Facebook dan Instagram berbayar di Indonesia diumumkan langsung oleh CEO Meta Indonesia, Pieter Lydian lewat sebuah posting di akun Instagram pribadinya @pieterlydian. “Dengan senang saya menyampaikan bahwa Meta Verified kini telah tersedia dan dapat dibeli secara langsung melalui Instagram atau Facebook di Indonesia," tulis akun @pieterlydian. 

Meta Verified adalah layanan berlangganan yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan akses ke lencana centang biru di Instagram dan Facebook. Mulanya fitur ini diluncurkan secara terbatas pada Februari 2023 di Australia dan Selandia Baru. Fitur ini baru dirilis di Indonesia pada Juli 2023.

Dengan kehadiran layanan berbayar ini di Indonesia, lantas berapa harga dan syarat untuk mendapatkan centang biru Instagram dan Facebook? Berikut ulasannya!

Baca juga : Aplikasi Twitter di Ponsel Sudah Berubah Menjadi Logo X

Harga dan Bonus Centang Biru Meta

Untuk bisa mendapatkan centang biru Instagram, pengguna perlu merogoh kocek Rp 100.000 untuk berlangganan di situs web, serta Rp 130.000 untuk berlangganan lewat aplikasi di iOS dan Android.

Nantinya, pelanggan yang berlangganan Meta Verified akan mendapatkan lencana terverifikasi atau verification badge, yang mengonfirmasi bahwa akunnya adalah asli dan telah diautentikasi dengan ID pemerintah.

Tidak hanya itu, pengguna Instagram bisa mendapatkan perlindungan akun dari peniruan. Jadi, akun akan mendapatkan perlindungan dari oknum yang ingin meniru profilnya.

Pengguna juga akan mendapatkan bonus berupa sejumlah fitur eksklusif, termasuk mendapatkan stiker ekslusif untuk Stories dan Reels di Instagram. Sebagai tambahan, pengguna akan mendapatkan dukungan akun secara langsung saat membutuhkan bantuan.

Cara Berlangganan Centang Biru di Facebook dan Instagram 

Baca juga : Masa Depan Twitter Sulit Diprediksi: Antara Inovasi dan Tantangan

Adapun untuk bisa mendapatkan centang biru dari Meta, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi pengguna terlebih dulu, yakni:

  • Akun harus memenuhi persyaratan aktivitas minimum, seperti riwayat unggahan sebelumnya, dan pendaftar harus berusia minimal 18 tahun
  • Profil publik atau pribadi dengan nama lengkap sesuai standar penamaan.
  • Memiliki foto profil menyertakan wajah pengguna.
  • Mengaktifkan autentikasi dua faktor (bisa diselesaikan setelah pembayaran).
  • Pendaftar diharuskan untuk menyertakan ID pemerintah, yang sesuai dengan nama profil dan foto akun Facebook atau Instagram yang mereka ajukan
  • Langganan akan mencakup pemantauan proaktif untuk peniruan akun

Lalu untuk cara berlangganan centang biru di Instagram Android dan iOS pengguna hanya tinggal mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Instagram atau Facebook.
  • Buka bagian pengaturan, pilih “Pusat Akun”.
  • Pilih akun Facebook atau Instagram yang ingin berlangganan centang biru.
  • Klik “Meta Verified”.
  • Pilih “Metode Pembayaran”.
  • Lengkapi data yang diperlukan untuk verifikasi.
  • Tunggu hingga Meta menerima dan memberikan centang biru pada pengguna.

Meski begitu, centang biru dan langganan Meta Verified ini hanya berlaku untuk akun yang memang dinilai aktif oleh Meta. Karena sesuai pantauan tim Digination.id, dari lima akun yang dipantau hanya satu akun yang ternotifikasi oleh Meta Verified. Apakah akun kamu juga sudah bisa menggunakan Meta Verified? Selamat mencoba!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE