LogoDIGINATION LOGO

Mengapa Penting Belajar Excel untuk Keberhasilan Bisnis

author Oleh DQLab Kamis, 26 Oktober 2023 | 18:17 WIB
Share
Share

 

Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet yang paling populer dan sering digunakan oleh para profesional di seluruh dunia. Terdapat berbagai fitur dan fungsi Excel yang dapat membantu mengatur, menganalisis, dan memvisualisasikan data serta melakukan perhitungan tingkat lanjut pada banyaknya kumpulan angka.

Hampir di setiap team bisnis industri, seperti keuangan hingga manajemen proyek yang bekerja dengan data akan menggunakan fungsi-fungsi yang ada di Excel. Dalam era digital yang terus berkembang, terampil menggunakan Excel semakin penting untuk dimiliki karena mampu membantu produktivitas menjadi lebih efektif.

Pada artikel ini akan membahas mengapa belajar Excel adalah keterampilan kunci yang dapat memberikan keuntungan kompetitif bagi pengusaha dan profesional di berbagai industri. Yuk, simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Excel: Alat Analisis Data yang Kuat

Excel menyediakan berbagai fungsi dan formula yang memungkinkan pengguna untuk bisa menganalisis data dengan mudah. Hal ini karena Cell dalam spreadsheet Excel masing-masing berisikan data seperti angka, teks, rumus yang dapat diatur dan mudah dianalisis. 

Tools Excel berguna untuk melakukan berbagai perhitungan, mulai dari menghitung statistik, perhitungan berulang dan lanjutan, menganalisis data, dan mampu membuat representasi grafis dari data melalui grafik, bagan, atau PivotTable.

Baca juga:Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

  1. Mengoptimalkan Proses Bisnis

Dalam mempelajari pola dari data tentu harus menggunakan teknik analisis data yang benar Excel dapat mempelajari pola dan dapat mengatur data lebih cepat hingga pada akhirnya mampu menghemat waktu proses penyederhanaan analisis data. Hal ini bagi para profesional mengoptimalkan Excel untuk memantau kinerja bisnis secara real-time dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi.

  1. Mampu Memprediksi Bisnis

Selanjutnya, menggunakan teknik analisis di Excel, para profesional bisnis dapat membuat sebuah model prediksi dan peramalan untuk mengantisipasi trend pasar. Dengan demikian, para profesional bisnis terutama bagi stakeholder mampu membuat keputusan/tindakan yang diperlukan secara strategis berdasarkan analisis data Excel.

  1. Kemampuan Visualisasi Data

Tidak hanya mampu mengolah jumlah data yang banyak, Excel sering digunakan para profesional untuk membuat grafik dan diagram yang dapat memvisualisasikan data dengan jelas. Dengan visualisasi data maka akan memudahkan komunikasi hasil analisis kepada tim dan pemangku kepentingan lainnya dengan cara yang mudah diakses dan menarik bahkan mereka yang berlatar belakang non teknis pun dapat memahaminya.

  1. Fleksibilitas dan Kustomisasi

Selain itu, Excel adalah alat yang sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Excel juga menawarkan pembaruan rutin setiap versi baru dengan menyertakan opsi-opsi yang lebih baik, sehingga membuat user atau para profesional dapat membuat spreadsheet dan laporan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka sendiri.

Baca juga: 4 Alasan Excel Penting untuk Pondasi Karir

  1. Skill yang Dicari oleh Pekerjaan

Sudah banyak perusahaan mencari tenaga kerja karyawan yang memiliki keterampilan Excel yang kuat. Kemampuan ini dapat membedakan Anda dari pesaing lainnya dalam pasar kerja yang kompetitif. Belajar Excel bukan hanya tentang menguasai program spreadsheet, tetapi juga tentang memperoleh  keterampilan analisis data yang kritis untuk keberhasilan bisnis. Dengan menggunakan Excel secara efektif, penguasaha dapat membuat keputusan berbasis data yang cerdas dan mencapai hasil yang lebih baik secara keseluruhan. 

Ingin mulai belajar Excel dari basic hingga advanced? DQLab menyediakan program Bootcamp Excel secara intensif dan pembelajarannya dibimbing langsung oleh mentor. Informasi bootcamp dan pendaftaran kunjungi tautan https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-excel

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB