LogoDIGINATION LOGO

Permintaan akan Keterampilan ChatGPT Mendominasi di Kalangan Profesional

author Oleh Dewi Shinta N Rabu, 11 Oktober 2023 | 18:42 WIB
Share
Share

 

Di Indonesia, ChatGPT adalah topik yang paling diminati, dengan peningkatan sebesar 142% pada Q2 2023 dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Dalam sebuah laporan baru-baru ini, penggunaan kecerdasan buatan (AI) di Indonesia berpotensi menciptakan nilai ekonomi sekitar Rp 5.299 triliun. Memperoleh pengetahuan tentang cara menerapkan AI dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas organisasi di Indonesia.

Penggunaan AI generatif semakin merambah ke bidang non-teknis seperti pemasaran, manajemen sumber daya manusia, sales, dan project management. Global Workplace Learning Index Udemy juga menyoroti peningkatan konsumsi topik-topik seperti ChatGPT (mengalami kenaikan 386% secara global), Generative AI (278%), dan Prompt Engineering (190%).

Perusahaan-perusahaan juga mulai mengeksplorasi penggunaan AI generatif dengan lebih mendalam untuk memanfaatkan potensinya, seperti meningkatkan optimisasi mesin pencari (SEO), menyederhanakan proses perekrutan talenta, meningkatkan responsivitas layanan dukungan pelanggan, dan menciptakan pesan pemasaran email yang dipersonalisasi.

Baca juga: Feedloop AI dan Telkom Indonesia Tandatangani MoU untuk Eksplorasi Produk Berbasis AI

Udemy, perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup melalui pembelajaran, merilis Global Workplace Learning Index Q2 2023, sebuah laporan yang diterbitkan setiap tiga bulan dengan tujuan membantu perusahaan mempertahankan keunggulan kompetitif dan membuktikan kemampuannya untuk menghadapi masa depan. Laporan ini menyoroti keterampilan yang semakin diminati oleh para pembelajar di dunia profesional.

Udemy terus beradaptasi dengan lanskap AI yang terus berkembang dengan menyediakan beragam kursus terbaru dan relevan untuk membantu para profesional meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang AI.

Saat ini, Udemy memiliki lebih dari 2,8 juta pendaftaran untuk semua kursus bertema AI – tidak hanya ChatGPT – yang menyediakan wawasan dari para pakar di lapangan dan latihan praktis untuk membantu pembelajar memahami cara memanfaatkannya secara efektif.

Baca juga: Hambatan dan Tantangan dalam Mengadopsi Machine Learning di Bisnis

Lima rekomendasi kursus ChatGPT dari Udemy antara lain:

Sukses Bisnis dengan Kecerdasan Buatan (AI) dan ChatGPT

Kursus ini menawarkan peluang unik bagi mereka yang ingin mempelajari ChatGPT dalam bahasa Indonesia. Mereka dapat menguasai AI tools dan ChatGPT untuk meningkatkan kesuksesan bisnis.

Panduan Lengkap ChatGPT: Belajar Midjourney, ChatGPT 4 & Lainnya

Kursus yang sangat populer ini cocok untuk siapa pun yang tertarik untuk menggunakan AI tool seperti ChatGPT dalam menciptakan konten yang luar biasa, terlepas dari latar belakang atau pengalaman mereka.

ChatGPT, Midjourney, AI tool & API - Panduan Lengkap

Kursus ini dirancang khusus untuk pengembang dan profesional berpengalaman yang ingin menyederhanakan tugas-tugas sehari-hari mereka dengan bantuan AI tool. Mereka akan mendapatkan wawasan praktis dan pelatihan langsung untuk meningkatkan produktivitas.

Kelas Master ChatGPT - Membangun Solusi dan Aplikasi dengan ChatGPT

Khusus untuk manajer dan karyawan, kursus ini memberikan keterampilan untuk mengintegrasikan ChatGPT secara efektif ke dalam alur kerja harian mereka. Mereka akan dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat solusi dan aplikasi yang disesuaikan.

Pemasaran ChatGPT: Membuat Kampanye Lengkap dengan ChatGPT AI

Kursus ini sangat cocok untuk orang-orang yang minat terhadap pemasaran, pemilik bisnis, dan wirausahawan yang ingin memanfaatkan kekuatan AI untuk menciptakan kampanye pemasaran yang komprehensif.

Selain ChatGPT, laporan ini juga menyoroti topik-topik lain yang paling banyak diminati oleh para profesional di Indonesia pada Q2, termasuk lonjakan minat sebesar 96% terhadap Spring Framework dan peningkatan sebesar 80% pada Keterampilan Komunikasi jika dibandingkan dengan Q1. Selain itu, terdapat peningkatan permintaan untuk kursus yang berkaitan dengan Vue JS (meningkat 77%) dan Desain Responsif (meningkat 49%).

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE