LogoDIGINATION LOGO

Peran Vital Data Analyst dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

author Oleh Dewi Shinta N Rabu, 27 September 2023 | 15:34 WIB
Share
Share

 

Data Analytics, Data-driven, visualisasi data, dan Data Analyst, keempat komponen tersebut kini cukup penting perannya untuk stakeholders bisnis. Mengapa demikian? Hal ini karena kumpulan insight yang menarik didapatkan dari data, sangat membantu stakeholders melakukan pengambilan keputusan bisnis merek/produk mereka. 

Misalnya seperti dari kumpulan data yang diambil dari berbagai sumber (website) akan menghasilkan sebuah analisis behaviour pelanggan, mulai dari kebutuhan mereka, informasi yang dibutuhkan mereka, hingga memahami metode pembayaran yang mereka lakukan.

Untuk menghasilkan insight dari data yang maksimal, maka dibutuhkan seseorang yang memiliki keterampilan mumpuni yaitu Data Analyst. Mungkin beberapa dari kamu belum memahami betul profesi Data Analyst dan perannya yang sangat terlibat bagi bisnis. 

Dalam artikel DQLab ini, akan menjelaskan lebih dalam peran Data Analyst dan alasan kamu perlu membutuhkan Data Analyst untuk bisnis kamu. Simak penjelasannya berikut.

Apa itu Data Analyst?

Sederhananya, Data Analyst adalah sebuah profesi yang bertanggung jawab dalam menganalisis data, baik data dalam skala kecil maupun besar sekalipun. Data Analyst tugas mulai dari mengumpulkan data, mengekstrak data, menganalisisnya menggunakan tools, membuat sebuah laporan melalui dashboard & visualisasi data, hingga mempresentasikan hasil temuan insight dari data yang berkualitas ke tim & stakeholders.

Peran Data Analyst sangatlah vital bagi para stakeholders, karena dengan adanya peran mereka mampu mendapatkan solusi secara efektif, dan juga membantu pengambilan keputusan tepat berdasarkan fakta yang mampu terhindar dari kerugian besar. 

Baca juga: ​​5 Tren Data Science untuk Bisnis Tahun 2023

Menjadi Data Analyst untuk bisnis membutuhkan keterampilan hadrskill dan softskill, berikut skill Data Analyst yang sering kali membantu mengerjakan tugasnya dalam analisis data:

  • Microsoft Excel, Data Analyst akan menggunakan tools ini untuk membantu mengatur data ke dalam format yang dapat dibaca dan lebih sistematis, sehingga memudahkannya untuk mengekstraksi wawasan. Banyak fungsi rumus dari Excel yang sering kali digunakan oleh Data Analyst seperti SUM, MAX, MIN, dsb.
  • Structured Query Language (SQL), atau sering dibaca es.kui.el/sikuel merupakan bahasa komputer standar untuk berinteraksi dengan suatu sistem database. 

Sederhananya, penggunaan SQL khusus memanajemen database menggunakan syntax tertentu untuk manipulasi data. Tujuan dari manipulasi data ini agar mendapatkan informasi-informasi yang lebih spesifik & optimal dari data.

  • Bahasa Python, Python juga termasuk bahasa pemrograman yang dimana tugasnya mengerjakan perhitungan statistika, melakukan analisis data, mengerjakan pekerjaan Machine Learning & AI, hingga mampu membuat permodelan. Python dianggap bahasa coding/pemrograman yang paling user-friendly terutama bagi pemula, karena bahasanya yang cukup fleksibel dan bersifat open-source.
  • Visualisasi Data & Skill Komunikasi, ya, keduanya sama pentingnya dengan beberapa poin skill teknis diatas. Stakeholders akan membutuhkan informasi dari analisis data tersebut tanpa harus tau caranya seperti apa/bagaimana.

Maka agar data dapat dipahami dengan mudah Data Analyst harus melakukan visualisasi data menggunakan grafik atau dashboard yang dimana didalamnya sudah mencakup analisis secara komprehensif. Selain itu, Data Analyst juga mampu mempresentasikan dashboard agar informasi dapat diterima dengan baik dan benar.

Ini Alasan Mengapa Bisnis ‘Hire’ Data Analyst

Dari penjelasan diatas, mungkin Anda sedikit terpikirkan untuk hiring Data Analyst? Berikut beberapa alasan yang dapat meyakinkan kamu bahwa Data Analyst berperan penting bagi keberlangsungan bisnis:

Keputusan Berbasis Fakta

Para pengambil keputusan dalam bisnis tentu harus memiliki akses data penting, hal ini karena untuk mempermudah mereka membuat keputusan dan strategi bisnis. Pengambilan keputusan terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga peran Data Analyst mampu menyederhanakan proses pengambilan keputusan dan membantu agility bisnis.

Testing & Pengujian Ulang

Tanpa adanya Data Analyst, bisnis akan sulit untuk mendapatkan petunjuk/jawaban dari keputusan yang telah diambil. Jika tidak menggunakan data untuk mengukur keberhasilan strategi, maka bagaimana kamu bisa mengambil keputusan berdasarkan fakta bukan opini atau naluri? Data Analyst membantu melakukan testing dan re-testing untuk mengetahui apakah keputusan sudah tepat/berhasil atau justru sebaliknya. 

Menekan Biaya Operasional Bisnis

Data Analyst akan memberikan insight tentang sektor bisnis mana yang paling membutuhkan alokasi sumber daya dan sektor mana yang layak untuk ditarik sumber daya tersebut. Sehingga, Data Analyst membuat semua tindakan perusahaan lebih tepat dan bermakna serta mampu meningkatkan produktivitas yang positif bagi bisnis kamu.

Baca juga: Pelatihan Data Analyst Cocok Pemula dari Nol

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Data Analyst bisa membawa pergerakan baru untuk merek/produk bisnis berdasarkan data dan fakta. Kini, Data Analyst sudah menjadi tren bisnis era data-driven lho karena sudah banyak stakeholders yang mempelajari dan mengetahui keuntungan dari peran Data Analyst itu sendiri.

Tidak memiliki latar belakang IT bukan menjadi masalah, karena Data Analyst bisa dipelajari secara mandiri dan mendalam menggunakan pembelajarannya yang terstruktur. Ingin coba belajar Data Analyst? kamu bisa coba ikuti Belajar Bootcamp Data Analyst di DQLab lho dan ikuti pembelajarannya sekarang karena Data untuk semua!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE