LogoDIGINATION LOGO

Bantu Tingkatkan Layanan Costumer gunakan AI, Ini Caranya

author Oleh DQLab Selasa, 22 Agustus 2023 | 18:17 WIB
Share
Share

Meningkatnya penggunaan AI, memicu berbagai inovasi menarik dan eksperimen untuk konsumen dengan tujuan agar mereka mendapatkan pengalaman yang baik terhadap suatu merek bisnis.

Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang telah dirancang agar mampu meniru kecerdasan manusia, penggunaan AI pun seringkali kita jumpai misalnya seperti asisten virtual, bot, dan bentuk teknologi canggih lainnya.

Banyak kelebihan yang dimiliki AI dalam membantu bisnis, diantaranya seperti mengurangi human error, otomatisasi, memberikan solusi dan prediksi yang lebih akurat, serta mampu meningkatkan pelayanan customer melalui personalisasi pelanggan.

Pada artikel ini, DQLab Universitas Multimedia Nusantara akan memberikan gambaran serta keuntungan tentang pelayanan customer menggunakan AI. Yuk simak artikel berikut!

Sebelum membahas lebih lanjut, kita akan mengawali penjelasan layanan customer AI. AI untuk layanan costumer merupakan penggunaan teknologi AI Machine Learning, Natural Language Processing (NLP) dan sentiment analysis untuk memberikan dukungan intuitif yang mampu memberikan peningkatan kepada pelanggan hingga jangka panjang. 

Pada dasarnya, ini sebuah agen pendukung sebagai virtual asisten yang mampu membantu pekerjaan tugas secara berulang. Layanan costumer yang didukung oleh AI membantu bisnis dan menyempurnakan layanan secara otomatis sehingga dapat meminimalisir kerugian baik pada pelanggan dan juga bisnis.

Berikut bagaimana AI membantu meningkatkan kepuasan pelanggan, retensi serta keuntungan bisnis lainnya.

Baca juga: Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning

Gunakan Chatbot

Cara agar bisa memberikan sebuah pelayanan yang baik kepada customer yaitu mampu merespons permasalahan dan memberikan solusi dengan waktu yang cepat. Chatbot AI dan teknologi Interactive Voice Response (IVR) mampu membantu memberikan solusi dari permasalahan yang kompleks pelanggan melalui otomatisasi dan tanpa campur tangan manusia, sehingga chatbot mampu meminimalkan kesalahan serta mengatasi masalah dengan memuaskan. 

Pada IVR, secara langsung akan melakukan apa yang perlu dilakukan dengan bantuan Natural Language Processing (NLP) untuk menyederhanakan pengalaman pelanggan. Chatbot dapat langsung memberikan jawaban yang relevan dari pusat bantuan untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Pada bot juga dapat memfilter pesan spam serta dapat memastikan waktu merespons pelanggan lebih singkat dan cepat. 

Rekomendasi Personalisasi
Mengorientasikan AI untuk pelanggan, membuat bisnis bisa lebih banyak berinteraksi dengan mereka dan menemukan lebih banyak cara untuk menciptakan nilai bagi pelanggan.

Perusahaan dapat menganalisis perilaku pelanggan, demografi, serta preferensi pribadi menggunakan AI, guna untuk memberikan sistem rekomendasi yang relevan. Misalnya seperti Netflix, layanan streaming ini memanfaatkan AI untuk memberikan personalisasi serial tv atau film di beranda serta rekomendasi program serupa sebagai bentuk saran kepada pelanggan. 

Sistem rekomendasi tersebut telah disesuaikan berdasarkan apa yang ditonton mereka, lama durasi mereka menonton, dan perangkat apa yang mereka gunakan.Dengan penggunaan AI, Anda dapat memberitahu kepada pelanggan terkait produk atau layanan baru, diskon khusus yang bisa digunakan, dan informasi lain yang mendorong mereka untuk membeli dan menggunakan merek bisnis Anda. 

Menganalisis Data Pelanggan untuk Prediksi 

Kemampuan AI ini dapat membantu menganalisis jumlah data yang besar serta data yang tidak terstruktur menjadi sebuah hasil analisis data berupa prediksi dan peringatan otomatis untuk membantu memantau perkembangan/operasional bisnis. Menggunakan sentiment analysis, Anda bisa memahami perasaan pelanggan tentang pengalam mereka terhadap merek bisnis dan permasalahan yang dihadapi mereka. 

Selain itu, dari sisi tim customer service, penggunaan AI mampu menangani pertanyaan sederhana dengan menyelesaikannya secara langsung atau dengan memandu pelanggan ke konten sesuai kebutuhan mereka atau yang relevan. Adapun fitur IVR yang dapat membantu menjawab panggilan telepon dari pelanggan dengan jawaban yang telah direkam sebelumnya. 

Baca juga: Terobosan Baru Belajar Coding Lewat AI, Mau Coba?

Kehadiran AI begitu penting untuk kita sadar akan kecanggihan teknologi, agar kita dapat memaksimalkan AI untuk bisnis, kamu bisa mulai mendalami ilmu Artificial Intelligence bersama DQLab. DQLab adalah platform belajar online Data Science dan memberikan rangkaian belajar bidang Data langsung bersama mentor praktisi data profesional di industri melalui program LiveClass. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi  laman https://dqlab.id/bootcamp-machine-learning-and-ai-for-beginner .

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB