LogoDIGINATION LOGO

Open Banking untuk Perubahan Perilaku Finansial di Indonesia

author Oleh Claudia Tari Aplabatansa Kamis, 17 Agustus 2023 | 18:30 WIB
Share
Share

Perubahan iklim adalah permasalahan dunia yang membutuhkan solusi untuk kesejahteraan manusia secara global. Masyarakat pun menuntut perusahaan untuk ikut bertanggung jawab atas dampak lingkungan dari usaha mereka.

Di tengah tuntutan untuk bertindak lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, industri teknologi pembayaran di Asia Tenggara mengambil langkah maju melalui konsep open banking dan integrasi API.

Data dari Google, Temasek, dan Bain & Co. mengungkapkan pertumbuhan pesat Total Payment Volume (TPV) di Indonesia, mencapai $270 miliar pada tahun 2022. Proyeksi masa depan melihat TPV melampaui angka $430 miliar dalam tiga tahun mendatang.

Melihat angka ini, solusi transaksi instan tanpa uang tunai melalui API open banking menjadi sorotan. Teknologi finansial, seperti open banking dan integrasi API, dianggap sebagai sarana untuk menciptakan solusi pembayaran yang lebih ramah lingkungan dan inklusif. 

Baca juga: Ekonomi Sirkular, Langkah Menuju Ekonomi yang Berkelanjutan

AyoConnect baru saja menyelenggarakan panel diskusi bertemakan “What's Next in Payments? Exploring The New Frontier and The Way Forward”, panel ini mempertemukan para pemimpin industri, pakar dan inovator industri teknologi di Asia Tenggara seperti Netflix, DOKU, Alto Network dan MongoDB untuk mendiskusikan peluang perkembangan pembayaran ramah lingkungan melalui Open Banking dan Open Finance.

Diskusi ini mencakup topik perubahan penting dalam perilaku pembayaran pelanggan di

Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, peran besar teknologi, dan sudut pandang ESG

(Environmental, Social, and Governance) dalam perubahan tersebut. Berikut beberapa rangkuman diskusi:

Perubahan Iklim dan Tanggung Jawab Lingkungan

Perubahan iklim menjadi isu global yang memerlukan solusi untuk kesejahteraan manusia secara keseluruhan. Masyarakat mengharapkan perusahaan bertanggung jawab atas dampak lingkungan dari operasi mereka, termasuk industri teknologi pembayaran.

Integrasi API 

Peluang transformatif yang ditawarkan oleh konektivitas API dan open banking. Integrasi API dalam industri keuangan memberikan solusi transaksi instan tanpa uang tunai dan mendorong inovasi finansial yang ramah lingkungan.

Kolaborasi Industri

Dalam acara Open Finance Summit 2023 melibatkan pemimpin industri, pakar, dan inovator dari perusahaan seperti Netflix, DOKU, Alto Network, dan MongoDB untuk membahas peluang perkembangan pembayaran ramah lingkungan melalui open banking dan open finance. Diskusi dan kolaborasi diperlukan dalam pembentukan ekosistem open banking di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Strategi Social Listening dalam Marketing

Open Banking mendorong pembayaran ramah lingkungan

Open banking menjadi pendorong utama dalam pengembangan pembayaran ramah lingkungan. Permintaan tinggi konsumen terhadap transaksi digital mendorong adopsi solusi open banking di berbagai sektor. Data mengindikasikan pertumbuhan signifikan dalam Total Payment Volume (TPV) di Indonesia untuk pembayaran digital. 

Instant Transfer dan Non Karbon

Ayoconnect meluncurkan solusi Instant Transfer yang menawarkan pengalaman pembayaran tanpa jejak karbon. Solusi ini memenuhi kebutuhan bisnis untuk transfer pembayaran berulang tanpa berdampak buruk pada lingkungan.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB