Waspada Malware Mematikan “Cluster Bomb”
Bisnis dan organisasi tampaknya menjadi target utama
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:34 WIB
Tak jarang dari kita aktif sebagai pendengar yang baik, namun dalam sudut pandang digital marketer, menjadi pendengar hal yang penting karena dengan kita mendengarkan secara sosial, maka pada akhirnya marketer akan mengetahui dengan tepat yang dibutuhkan pelanggan tanpa harus mencari-cari jawaban tanpa henti.
Di era media sosial, percakapan yang dilakukan oleh audiens sudah transparan, misalnya seperti suatu akun berkomentar dengan men-tag temannya sebagai bentuk sharing konten dan komen tersebut dapat dilihat oleh orang banyak pengguna platform media sosial tersebut. Dengan melihat percakapan tersebut, kita dapat mengetahui serta mampu menilai apa yang dikatakan audiens terhadap merek bisnis.
Dalam dunia digital marketing, hal tersebut disebut dengan social listening. Bagi marketer, social listening menjadi tools marketing yang mampu membantu menganalisis apa yang audiens katakan di media sosial tentang merek bisnis.
Selain itu juga, social listening biasanya juga digunakan sebagai ajang riset secara real-time tentang bisnis kompetitor lainnya di platform media sosial. Untuk penjelasan lebih jelasnya terkait social listening, yuk simak artikel berikut ini sampai selesai.
Social Listening dan Valuenya untuk Bisnis
Secara garis besar, social listening melibatkan analisis dari sebuah percakapan dan tren yang berkaitan dengan merek bisnis kamu. Termasuk percakapan yang relevan dengan bisnis/perusahaan kamu, kompetitor, dan bisnis lainnya di industri. Dari percakapan tersebut, akan mendapatkan sebuah insight yang bisa digunakan oleh para marketer untuk membuat keputusan pemasaran yang tepat. Insight yang didapatkan, bisa melalui dari topik yang audiens bicarakan di kolom komentar maupun semua @mention yang ada di media sosial.
Baca juga: Tujuan Teknik Analisis Data di Sosmed Analytics
Pada social listening, cakupannya lebih luas, karena pada prosesnya menggunakan analisis sentimen (sentiment analysis) guna memahami percakapan di media sosial online. Tujuan utama dari social listening yaitu:
Terlepas dari banyaknya jumlah data yang didapatkan dari social listening, bisnis akan mendapatkan keuntungan dari data. Data tersebut mampu membawa nilai yang berharga bagi audiens/pelanggan dan juga bisnis, adapun keutamaan dari social listening:
Tahapan untuk Memulai Social Listening
Jika ini baru pertama kalinya mengimplementasikan social listening untuk bisnis, berikut 3 tahapan yang bisa kamu coba sekarang:
Baca juga: Fungsi & Penerapan Teknik Analisis Data Tahun 2023
Social listening bukan hanya tentang tracking metrik saja, melainkan mendapatkan insight tentang apa yang diinginkan pelanggan serta bagaimana kita sebagai marketer mampu memenuhi kebutuhan mereka dengan baik. Agar mendapatkan insight yang maksimal dari analisis data, banyak praktisi menggunakan Python sebagai bahasa pemrograman yang akurat dan dapat dimanfaatkan untuk otomatisasi media sosial post.
Ingin belajar lebih lanjut tentang Python dan pengaplikasiannya di industri? Ikuti kelas Bootcamp DQLab, belajar bersama mentor praktisi data profesional secara langsung dan tersedia praktik hands-in project real case di industri. Informasi lebih lanjut kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-python-and-sql.
Bisnis dan organisasi tampaknya menjadi target utama
Kamis, 25 Juli 2024 | 16:34 WIBBagaimana AI menjadi kunci inovasi dan mendorong pertumbuhan bisnis di berbagai sektor?
Jumat, 19 Juli 2024 | 16:58 WIBNgobrol Pakai Bahasa Asing Lebih Mudah
Kamis, 18 Juli 2024 | 12:48 WIBBerikut beberapa pilihan shortcutnya yang penting kamu ketahui:
Rabu, 3 Juli 2024 | 11:00 WIBGangguan server di PDN disebabkan oleh ransomware.
Selasa, 25 Juni 2024 | 13:44 WIBBerikut beberapa contoh bagaimana AI digunakan dalam berbagai aspek kehidupan
Jumat, 21 Juni 2024 | 17:57 WIBBagaimana Machine Learning digunakan untuk personalisasi iklan dalam digital marketing?
Kamis, 13 Juni 2024 | 10:41 WIBLensa kontak pintar membutuhkan baterai yang aman dan ringkas
Jumat, 7 Juni 2024 | 11:00 WIBBagaimana personalisasi AI membentuk asistensi digital marketing dan manfaat yang dapat diperoleh dari penerapannya.
Senin, 3 Juni 2024 | 10:08 WIBUntuk menghadirkan lebih banyak keseruan bagi pengguna setiap bulannya, UniPin akan terus menghadirkan berbagai diskon
Senin, 27 Mei 2024 | 21:46 WIBIni dia fakta-fakta armada taksi CNG Bluebird yang selama ini wara-wiri di jalanan Jabodetabek
Sabtu, 25 Mei 2024 | 14:23 WIBData ini mengungkap pengaruh kreator konten digital dan mengidentifikasi apa yang diinginkan oleh masyarakat
Rabu, 22 Mei 2024 | 16:53 WIBMemahami Database Marketing, Yuk!
Selasa, 21 Mei 2024 | 18:04 WIBBerikut ini keunggulan Starlink dibandingkan layanan internet satelit lainnya:
Senin, 13 Mei 2024 | 18:17 WIBPenasaran dengan pekerjaan apa saja yang memiliki prospek cerah di tahun 2031? Yuk simak informasinya
Jumat, 10 Mei 2024 | 17:25 WIB