LogoDIGINATION LOGO

Mengapa Data Kini Mempengaruhi Bisnis?

author Oleh DQLab Jumat, 11 Agustus 2023 | 15:01 WIB
Share
Share

Data is the new oil, penggunaan data di industri kini menjadi bagian penting dan data sebagai era inovasi karena setiap harinya perusahaan atau organisasi sekalipun menggunakan data untuk kebutuhan target mereka secara akurat dan efektif. 

Banyak perusahaan sukses seperti Google atau Netflix melibatkan pengumpulan data agar mendapatkan insight yang lebih luas tentang bisnis dan pelanggan mereka.

Agar mendapatkan insight yang mendalam dari data, adapun proses data analytics yang dilakukan oleh tim bisnis. Data analytics merupakan sebuah proses mengatur, menyimpan dan menganalisis raw data (data mentah) untuk menjawab pertanyaan dari permasalahan yang dihadapi stakeholders.

Data analytics ini memungkinkan membuat strategi bisnis, memahami pelanggan untuk menargetkan marketing yang lebih baik, dan mampu meningkatkan produktivitas operasional pekerjaan secara menyeluruh. 

Pada artikel yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara, akan membahas alasan penggunaan Big Data begitu besar pengaruhnya untuk bisnis dan industri lainnya.

Inovasi Baru Industri

Organisasi atau bisnis akan mencari banyaknya cara untuk bisa menemukan insight baru yang bisa mereka aplikasikan guna menjadi sebuah inovasi baru. Data-driven menjadi langkah utama yang dijalankan oleh banyak perusahaan atau organisasi guna mengetahui kebutuhan, perilaku, serta informasi pelanggan lainnya dengan hati-hati tanpa harus melanggar privasi pelanggan. 

Baca juga: 3 Cara Data Science Dapat Membantu Bisnis

Dengan peningkatan penggunaan data ini, mengakibatkan tingginya kebutuhan praktisi data dan membuka lapangan pekerjaan berprofesi sebagai Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analytics, dan profesi data profesional lainnya di industri. 

Para praktisi data mampu mengubah data-data tersebut menggunakan skill teknis & tools menjadi data yang bisa digunakan secara efektif dan memberikan banyaknya strategi yang mampu menjadi solusi atas permasalahan.

Big Data untuk Semua

Tanpa disadari, hampir seluruh kegiatan yang kita jalani bersinggungan dengan data, seperti ketika mengakses aplikasi media sosial, mencari blog artikel di mesin pencarian, ataupun mendengarkan lagu melalui sistem rekomendasi. 

Sehingga, penggunaan data sangatlah mempengaruhi kehidupan jutaan orang di dunia, bahkan melalui data kita dapat menemukan terobosan baru untuk menyelamatkan hal-hal yang akan punah. Hal ini, bagi sebagian besar perusahaan atau organisasi telah menganggap serius bahwa penggunaan Big Data menjadi aset vital yang mampu mengubah segalanya. 

Baca juga: 5 Tren Data Science untuk Bisnis Tahun 2023

Agar data dapat menghasilkan analisis yang baik dan berguna untuk diaplikasikan di industri, maka dalam konteks bisnis dibutuhkannya skill data yang mampu mengakurasikan data yang mampu mensukseskan tujuan bisnis. 

Skill-skill data yang dibutuhkan seperti mengelola dan menganalisis kumpulan data besar, mampu membuat A/B testing dan eksperimen untuk menemukan solusi, membuat model prediksi menggunakan Machine Learning, hingga membuat visualisasi data dashboard dengan tujuan menginterpretasikan data lebih mudah dipahami oleh pemangku kepentingan. 

Ingin mulai belajar data untuk dapatkan skillnya? DQLab adalah kursus online Data Science yang memberikan program belajar Bootcamp LiveClass yaitu metode belajar lengkap dengan praktik langsung pada project real case industri yang dibimbing oleh praktisi data profesional langsung. Informasi belajar Bootcamp LiveClass kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-python-and-sql

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB