LogoDIGINATION LOGO

Strategi TikTok Marketing, Sepadan dengan Hype?

author Oleh DQLab Sabtu, 5 Agustus 2023 | 10:15 WIB
Share
Share

 

Fenomena penggunaan TikTok beberapa tahun ini mencapai titik dimana sekarang menjadi aplikasi yang sering digunakan oleh banyak masyarakat, baik digunakan untuk hiburan maupun menjadi pilihan bisnis yang ingin terhubung dengan audiens mereka di media sosial TikTok. 

Dikutip dari Sensor Tower 2022 Data Digest, menjelaskan bahwa TikTok adalah aplikasi teratas seluruh dunia dengan unduhan yang melampau Instagram yaitu melampaui sebanyak 3,5 miliar unduhan sepanjang waktu Q1 2022.

Banyaknya pengguna TikTok ini, menjadi peluang sangat besar untuk bisnis mempromosikan merek dan mendapatkan pelanggan lebih banyak. TikTok Marketing dikenal sebagai strategi digital marketing yang dimana prosesnya menggunakan konten TikTok guna mempromosikan produk atau layanan bisnis. 

Cara marketer membangun kehadiran bisnis mereka di TikTok yaitu melalui konten video berdurasi pendek yang melibatkan audiens sekaligus menginformasikan penawaran menarik bisnis kamu. Pada artikel yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara ini, akan membahas lebih dalam dari TikTok sebagai salah satu bentuk tools Digital Marketing, yuk simak artikel berikut sampai habis ya.

TikTok Mengubah Lanskap Media Sosial

TikTok adalah jejaring sosial berbagi video dengan tipe video mulai dari video cerita pengalaman, hiburan, dan tipe video lainnya. TikTok telah menangkap hati pengguna dengan massa yang cukup banyak, terutama pengguna Gen Z. Namun, apa yang menjadikan TikTok begitu hype? Pertama TikTok tidak hanya menawarkan sesuatu yang baru, melainkan juga banyak fungsi fitur yang bisa digunakan pengguna untuk berkreasi. 

Baca juga: Role Big Data dalam Digital Marketing, Apa Saja ya Manfaatnya?

Tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam pembuatan video-nya, di TikTok pengguna bisa membuat dan upload video 15-30 detik saja dengan keadaan video yang sudah diedit.

Selanjutnya, TikTok menjadi satu diantara platform yang hype karena aplikasi ini sangat berguna bagi banyak bisnis terutama untuk mendapatkan perhatian target bisnis mereka. Karena banyak pengguna dari kalangan Gen Z, ini yang menjadikan TikTok sebagai tool digital marketing yang ampuh menghasilkan pelanggan dengan jangkauan yang luas dan prospek penjualan online jangka panjang.

Algoritma Konten TikTok Mendatangkan Pelanggan

Hal yang harus dilakukan sebelum memulai sebuah promosi/campaign bisnis di TikTok melalui unggahan video konten, penting untuk meneliti platform tersebut secara mendetail. Analisis target audiens yang diinginkan, ‘Konten seperti apa yang mereka konsumsi?’ atau ‘Keyword apa yang sering muncul di pencarian’, beberapa pertanyaan tersebut dapat mempengaruhi perhatian atau keingintahuan mereka terhadap bisnis kamu. 

Konten TikTok yang bagus adalah konten yang disesuaikan dengan minat target audiens, mampu menawarkan solusi atas masalah mereka, menginspirasi, atau sebagai bentuk entertainment

Agar konten TikTok semakin sukses, jangan lupa selalu menggunakan tagar. Tagar adalah cara populer untuk menyampaikan pesan di TikTok. Disinilah peran tagar yang mampu mendorong pengguna TikTok terlibat dan berinteraksi dengan merek bisnis kamu, misalnya seperti pengguna TikTok membuat video ulasan terhadap produk atau layanan dengan menggunakan tagar pada kolom captionnya.

Baca juga: 4 Manfaat Machine Learning untuk Kesuksesan Bisnis

Konten TikTok yang telah di ‘like’ dan membagikannya ke orang lain atau platform media sosial lainnya, maka akan muncul sebuah rekomendasi konten lainnya sesuai dengan interest mereka berdasarkan algoritma. Algoritma merupakan sebuah aturan matematis yang menentukan bagaimana sekelompok data berperilaku, sehingga dengan adanya algoritma bisa mendatangkan strategi digital marketing yang lebih akurat berdasarkan data. 

Terlepas dari konten TikTok, konten-konten di media sosial atau konten blog sekalipun, algoritma sangat dipercaya dan worth to try oleh para marketer untuk strategi pemasaran brand. Ingin belajar Algoritma lebih lanjut? Kamu bisa ikuti belajar di Bootcamp DQLab, yang dibimbing langsung oleh mentor yaitu praktisi data profesional di industri dan project menarik sebagai bentuk portofolio data. Informasi lebih lanjut kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-machine-learning-and-ai-for-beginner

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB