LogoDIGINATION LOGO

Ayoconnect dan PT Bank DKI Umumkan Kerjasama dalam Solusi Open Banking

author Oleh Claudia Tari Aplabatansa Senin, 10 Juli 2023 | 10:34 WIB
Share
Share

Ayoconnect, platform API Open Finance terbesar di Asia Tenggara, dan PT Bank DKI (Bank DKI) telah mengumumkan kerjasama dalam mengembangkan solusi berbasis open banking. Melalui kolaborasi ini, Bank DKI akan memanfaatkan aplikasi JakOne Mobile untuk memberikan kemudahan akses kepada nasabah dalam bertransaksi 1000 produk digital dan memesan tiket KAI.

Kerja sama ini didasari oleh visi kedua belah pihak untuk mengembangkan layanan keuangan secara luas melalui teknologi open API (Application Programming Interface) atau open banking. Dalam tahap awal, Bank DKI akan terhubung dengan solusi Digital Products: Embedded Lifestyle API dari Ayoconnect. Hal ini memungkinkan nasabah Bank DKI untuk melakukan transaksi pembelian tiket KAI ke lebih dari 125 stasiun kereta api di Indonesia melalui aplikasi JakOne Mobile.

Baca juga: Open Finance, Era Baru Layanan Keuangan

Kerja sama ini sejalan dengan pertumbuhan transaksi perbankan digital di Indonesia yang semakin meningkat. Data dari Bank Indonesia mencatat peningkatan nilai transaksi digital banking sebesar 28,72% YoY menjadi Rp 52.545,8 triliun. Kolaborasi ini juga mendukung digitalisasi layanan perbankan yang membutuhkan adaptabilitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik lembaga keuangan maupun non-keuangan. Dengan potensi pasar yang terus meningkat di Indonesia, kerjasama antara Ayoconnect dan Bank DKI terjadi pada waktu yang tepat.

Fidri Arnaldy, Direktur Utama PT Bank DKI, menyatakan komitmennya untuk mengembangkan layanan perbankan digital guna memperluas akses keuangan masyarakat. Melalui kerja sama ini, Bank DKI berharap dapat meningkatkan pengalaman transaksi layanan perbankan digital bagi nasabah.

Amirul Wicaksono, Direktur Teknologi dan Operasional PT Bank DKI, menjelaskan bahwa Bank DKI telah aktif mengembangkan layanan perbankan berbasis digital untuk mempermudah akses masyarakat. Pada kuartal I 2023, Bank DKI mencatat pertumbuhan laba bersih sebesar 17,77% menjadi Rp 233,20 miliar dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini dipengaruhi oleh preferensi masyarakat yang semakin tinggi dalam berbelanja online dan perkembangan pesat digital banking.

Baca juga: Kolaborasi, Kunci Utama Akselerasi Open Finance di Indonesia

Dengan integrasi ke solusi Digital Products: Embedded Lifestyle API Ayoconnect, nasabah Bank DKI juga akan mendapatkan akses ke lebih dari 1000 produk digital yang disediakan oleh Ayoconnect. Dalam waktu dekat, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi voucher digital dan pembayaran PDAM, PBB, BPJS, Kartu Kredit, dan Multifinance dari berbagai penyedia jasa melalui aplikasi JakOne Mobile. Fitur hotel Traveloka juga akan segera diluncurkan di aplikasi JakOne Mobile.

Chiragh Kirpalani, Pendiri dan COO Ayoconnect, menyambut kerja sama ini dengan gembira. Ia berharap kolaborasi akan memberikan layanan keuangan yang aman, mudah, dan cepat kepada nasabah Bank DKI. Ayoconnect berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama dengan berbagai institusi guna membangun infrastruktur teknologi keuangan dan mempercepat inklusi finansial di Indonesia.

Informasi lebih lanjut tentang Ayoconnect dapat ditemukan di www.ayoconnect.com. 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB