LogoDIGINATION LOGO

Ini 5 Tren Content Writing untuk Bisnis

author Oleh DQLab Jumat, 16 Juni 2023 | 16:51 WIB
Share
Share

 

Konten menjadi tren dalam bisnis yang kini kian semakin banyak diikuti, beragam konten akan dilakukan dan digunakan sebagai bentuk meningkatkan visibilitas bisnis ataupun membangun relasi dengan pihak audiens dan partner bisnis. 

Tahun 2023, ada banyak cara mengekspresikan cerita melalui konten baik melalui tulisan teks saja hingga tulisan dalam sebuah video. Menulis konten tentu tidak sembarang menulis, karena melalui tulisan konten audiens dapat memahami dengan baik serta mendapatkan informasi sesuai kebutuhan mereka.

Tidak hanya dari segi format konten, penting mempunyai strategi penulisan konten atau content writing yang dibuat secara seksama yaitu profesional dan dapat menarik audiens. DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah merangkum tren content writing terkini untuk membantu meningkatkan bisnis secara efektif dan organik. Simak artikel berikut yuk.

  1. Membuat Content Writing versi Short-Video

TikTok, YouTube Reels, dan Instagram Reels adalah platform yang akhir-akhir sering digunakan oleh berbagai generasi dan dari berbagai latar belakang. Banyak unggahan konten yang ada di TikTok, YouTube Reels ataupun Instagram Reels memberikan benefit yang positif, karena melalui konten video dengan durasi yang cukup pendek ini lebih efektif dibandingkan menggunakan konten yang durasinya melebihi 2-3 menit. 

Baca juga: 3 Cara Data Science Dapat Membantu Bisnis

Bagi sebagian audiens merasa dengan adanya konten versi short-video tidak merasa bosan dan informasi yang diberikan melalui short-video akan lebih spesifik. 

Ada beberapa tips jika kamu ingin membuat konten dengan versi short-video:

  • Jika kamu membuat konten video, buatlah 15-30 detik lamanya.
  • Sertakan sedikit kejutan dalam video sebagai bentuk transformasi.
  • Gunakan caption dalam video yang menarik dan caption jangan sampai menutupi isi konten.
  • Gunakan sound atau audio yang sedang viral di platform media sosial tersebut.
  1. Personalisasi Content Writing

Tahun 2023, personalisasi menjadi tren utama di era digital. Melihat perkembangan media digital yang lebih pribadi, membuat banyak creator melakukan personalisasi konten berdasarkan target audiens mereka. Misalnya seperti generasi Z akan menulis sebuah konten dengan nada dan gaya mereka (bahasa gaul) atau layaknya ketika kita sedang berbicara dengan seorang seusia mereka. Dengan menggunakan personalisasi, akan membantu meningkatkan atraksi dan juga interaksi yang bermakna antara audiens dengan bisnismu.

  1. Membahas AI & Data Driven

Bukan sebuah rahasia bahwa sebagian besar dari content creator memanfaatkan AI dan ilmu Data untuk membantu personalisasi konten secara prediktif dan mengerucut. Sudah banyak solusi yang diberikan AI untuk pembuatan konten, misalnya seperti ChatGPT yang dilatih untuk bisa berinteraksi dan melakukan percakapan seperti manusia dalam memberikan ide konten media sosial. 

Selain itu juga, dalam dunia pemasaran 2023 kini sudah menggunakan strategi digital marketing yang dimana seluruh strategi yang dijalankan yaitu berdasarkan analisis data dan serta model prediktif. Dari hasil analisis dan model prediktif tersebut tentunya dapat membantu menentukan gaya penulisan konten yang lebih berkualitas dan sesuai dengan target di platform media digital.

  1. Gunakan SEO pada Praktiknya

Dalam tren content writing, SEO memberikan hasil yang unggul dan memiliki potensi signifikan dalam waktu jangka panjang. Untuk mengoptimalkan content writing SEO maka perlu dipastikan penulisan blog konten dengan format yang benar, seperti:

  • Keyword yang digunakan harus muncul secara organik
  • Menggunakan judul artikel dan meta deskripsi yang benar untuk memaksimalkan visibilitas hasil search engine
  • Mengoptimalkan konten berdasarkan maksud pencarian

Dengan menggunakan format yang benar dan sesuai, melalui SEO akan meningkatkan traffic site yang lebih organic serta mendorong peningkatan rate konversi.

Baca juga: Apa itu Machine Learning dan Mengapa Machine Learning Penting?

  1. Niche Content menjadi Tren Content Writing

Niche merupakan bagian kecil dari suatu market dan memiliki kebutuhan secara spesifik dan berbeda dengan market lainnya. Sehingga, niche content yaitu mengacu pada suatu area fokus (topik) menjadi spesial dan unik yang membedakan kreator dari kompetisi di bidang yang sama dimana menargetkan demografis tertentu.

Dengan niche content, akan membantu bisnis kamu memahami audiens dan juga memberikan efisiensi engaging yang lebih efektif. Adapun cara untuk menemukan niche content yang tepat yaitu menggunakan analisis Machine Learning. Melalui analisis Machine Learning akan memberikan niche content yang lebih tajam dan tepat berdasarkan insight dari data. 

Ingin belajar Machine Learning lebih lanjut? DQLab merupakan kursus Data Science online dan memiliki program belajar bagi pemula sekalipun. Daftarkan dirimu melalui https://dqlab.id/live-class dan ikuti keseruan kelas LiveClass bersama mentor praktisi data profesional yang berpengalaman di industri. Yuk mulai belajar data karena data untuk semua!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB