LogoDIGINATION LOGO

Pemerintah Ajak Tenaga Ahli Digital “Pulang Kampung”

author Oleh Ana Fauziyah Senin, 19 Februari 2018 | 13:05 WIB
Share
Merespon wacana yang dilontarkan pelaku e-commerce mengenai kelangkaan tenaga ahli di sektor digital, Mira Tayyiba, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kemenko Perekonomian mengatakan bahwa hal tersebut juga menjadi perhatian pemerintah
Share

Merespon wacana yang dilontarkan pelaku e-commerce mengenai kelangkaan tenaga ahli di sektor digital, Mira Tayyiba, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kemenko Perekonomian mengatakan bahwa hal tersebut juga menjadi perhatian pemerintah. Beberapa upaya telah dilakukan antara lain dengan mendorong dibukanya program studi mengenai bisnis digital di pendidikan tinggi.

Respon dunia pendidikan terhadap laju pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia dinilai agak terlambat. Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung menjadi intitusi pertama yang membuka program studi Bisnis Digital pada jenjang sarjana (S1) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Program studi tersebut pun baru dibuka pada tahun akademik 2018/2019 nanti.

Sedangkan kehadiran tenaga-tenaga ahli di bidang digital sangat mendesak untuk mendukung pertumbuhan e-commerce Indonesia yang sangat potensial, terlebih untuk mewujudkan ambisi pemerintah menjadikan ekonomi digital sebagai tulang punggung perekonomian nasional pada tahun 2020.

Menyikapi hal tersebut, Mira mengajak para warga negara Indonesia yang berkarier di luar negeri untuk kembali dan ikut membangun Indonesia. “Pemerintah berupaya menarik diaspora yang sudah berkecimpung di bisnis ini untuk pulang kampung,” ujarnya saat acara Diskusi Publik bertajuk “E-commerce Ecosystem Outlook 2018” yang diselenggarakan oleh Digination.ID bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta hari ini (Senin, 19/2).

Mira juga mengungkapkan bahwa pemerintah tidak anti terhadap tenaga ahli asing jika memang kebutuhannya tidak mampu dipenuhi oleh tenaga lokal. “Yang pasti harus yang berkemampuan tinggi,” tegas Mira.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Ekonomi Digital Indonesia, Dari Market Place ke Services

Berdasarkan kajian Google, Temasek dan Bain & Company, Indonesia punya potensi ekonomi digital yang paling tinggi dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Bagaimana agar potensi tersebut dapat diraih?

Senin, 17 Februari 2020 | 17:24 WIB

Penerapan Artificial Intelligence di Tokopedia

Artificial Intelligence menjadi salah satu hal yang akan terus menjadi tren pada tahun ini. Bagaimana penerapan AI pada salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia?

Kamis, 6 Februari 2020 | 14:47 WIB

Digitalisasi UKM

99,2% pelaku usaha berskala UKM, membangun perekonomian berarti memberikan dukungan bagi UKM; yang salah satunya dengan Digitalisasi UKM

Jumat, 31 Januari 2020 | 14:31 WIB

Trend Teknologi 2020

Kemana arah perkembangan teknologi? Inilah trend teknologi yang akan berkembang pesat pada 2020

Selasa, 28 Januari 2020 | 13:05 WIB

Mau Mulai Bisnis? Keluarlah dari Zona Nyaman!

Zona nyaman memang membuat kita sulit beranjak. Tetapi, untuk memulai bisnis kita harus keluar dari zona nyaman tersebut. Yuk, simak cerita CEO dan Co-Founder Logisly tentang bagaimana ia keluar dari zona nyaman dan memulai bisnisnya.

Senin, 19 Agustus 2019 | 14:28 WIB