LogoDIGINATION LOGO

Begini Ekosistem dan Potensi Podcast di Indonesia

author Oleh Dewi Shinta N Rabu, 14 Juni 2023 | 14:33 WIB
Share
Share

Pasti kamu sudah tidak asing lagi mendengar kata Podcast. Podcast atau siniar adalah sebuah siaran audio yang dibawakan oleh host layaknya sebuah siaran radio.

Popularitas podcast atau siniar terus merangkak naik. Ketenarannya ini tidak lain karena aktivitas digital yang semakin beragam. Hal tersebut pun mendorong semakin banyaknya pengguna internet yang mendengarkan podcast dalam aktivitas mereka sehari-hari. 

Dikutip dari Data Indonesia, berdasarkan laporan We Are Social, ada 20,4% pengguna internet di dunia yang mendengarkan podcast per Januari 2022 dan Indonesia masuk ke dalam 3 besar. 

Persentase pendengar podcast setiap minggu paling tinggi berada di Brasil, yakni 37%. Indonesia berada di posisi kedua dengan 35,6%. Meksiko menyusul 34,5% pengguna internet yang mendengarkan podcast setiap minggu.

Amerika Serikat yang berada di posisi ketujuh pengguna internet yang mengakses podcast setiap minggunya dengan angka 23,5%, pada 2020, diperkirakan menghabiskan 659 juta dolar untuk beriklan melalui podcast. Beberapa brand pun juga mulai menciptakan podcastnya sendiri sebagai salah satu cara mengiklankan produk mereka. Lantas bagaimana ekosistem dan potensi podcast di Indonesia?

Baca juga : Bagaimana Membuat Podcast menjadi Penghasilan?

Podcast sebenarnya sangat bergantung dengan jumlah pendengar. Semakin banyak pendengar, maka semakin tinggi traffic dari kanal podcast. Traffic tersebut bisa digunakan untuk menjalin kerja sama dengan berbagai brand/perusahaan agar podcast yang dijalankan menghasilkan pemasukan.

Diketahui Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah pendengar podcast terbanyak di dunia. Sekitar 35,2% pengguna internet Indonesia yang berusia 16-64 tahun rajin mendengarkan podcast tiap minggunya. Angka tersebut merupakan 73,7% dari total populasi Indonesia yang diklaim mencapai 277,7 juta jiwa, di mana lebih dari 75% (lebih dari 208 juta jiwa) berusia 16 hingga 64 tahun. 

Melihat angka ini ekosistem podcast di Indonesia terbilang sudah terbentuk. Menjadi pelopor penyelenggara acara Podcast di Indonesia, Hangout Project berkolaborasi dengan Podcast Ancur yang terdiri dari Kemal Palevi, Patra Gumala, Randhika Djamil, dan Diaz Danar menghadirkan Super Podcast Show 2023 sebagai bentuk dukungan sekaligus memperluas ekosistem podcast di Indonesia. 

“Ini merupakan suatu event yang baru di Indonesia, Hangout Project ingin memberikan new experience, dan pilihan hiburan alternatif kepada masyarakat Indonesia. Acara ini juga di isi oleh podcaster ternama. Dengan kolaborasi antar podcaster ini diharapkan bisa menciptakan tontonan yang menyenangkan. Super Podcast Show dibuat untuk meningkatkan ekosistem industri podcast di Indonesia dan menjadi alternatif hiburan yang bermanfaat untuk masyarakat indonesia,“ ungkap Pongky Rivawanto Project Leader Hangout Project. 

Baca juga : Sukses Menggelar Acara di Jakarta, Super Podcast Show 2023 Segera Hadir di Bandung

Jika sebelumnya seringkali kita jumpai event Stand up Comedy/ Open Mic di Indonesia. Super Podcast Show 2023 ini menampilkan para podcaster berbincang lansung secara live. Pendengar podcast pun bisa berinteraksi secara langsung dengan para podcaster. 

Beberapa waktu lalu, Hangout Project berkolaborasi bersama Podcast Ancur menghadirkan Bimoky dan Dhanu Riza dari Podcast Malam Kliwon, dan Tarot by Haru di Super Podcast Show 2023 yang diselenggarakan Sabtu, 20 Mei 2023, di Selingan Kupi, Ciledug, Jakarta Selatan. Ada sekitar 250 penonton tertawa lepas, menyaksikan para podcaster saling bercengkrama secara live. 

Jika kamu ingin melihat bagaimana para pendengar podcast dan podcaster bersatu dalam satu tempat, Super Podcast Show akan kembali hadir dan diramaikan oleh Podcast Ancur x Senen Kemis di Dreams Social Life, Dago pada 24 Juni 2023 pukul 18.00 WIB.

Bagi kamu yang ingin menyaksikan dan ngobrol bareng Podcast Ancur x Malem Kemis, dapatkan tiketnya di bit.ly/superpodcastshow . Untuk info selengkapnya follow Instagram @hangoutproject.id. 

 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB