LogoDIGINATION LOGO

Bagaimana Membuat Podcast menjadi Penghasilan?

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 12 Juni 2023 | 17:00 WIB
Share
Share

 

Podcast telah berkembang beberapa tahun belakangan. Hal ini dikarenakan adanya hiburan baru yang segar di masyarakat. Disisi lain banyak content creator mencoba peruntungan baru di dunia Podcast. Karena dianggap memiliki peluang baru, banyak content creator membangun kanal mereka dan mencoba peruntungan di podcast. Lantas bagaimana membuat Podcast menjadi penghasilan? Simak yuk artikelnya. 

Ada beberapa cara untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari Podcast, yakni :

Monetisasi - Monetisasi bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan aplikasi. Jika kamu membuat podcast video dengan format audio, kamu bisa menggunakan monetisasi dari podcast hosting yang telah diakuisisi Spotify, yaitu Anchor. Dalam aplikasi Anchor, kamu bisa aktifkan sistem monetisasi dengan memilih fitur “Money” di menu pengaturan dan menentukan di menit ke berapa kamu ingin menyisipkan iklan dari Anchor.

Sponsorship - Salah satu cara mendapatkan pundi-pundi uang dari podcast adalah Sponsor. Kamu bisa menyisipkan logo sponsor pada poster dan adlibs yang dikemas dengan menyusun skrip terlebih dulu kemudian disampaikan secara langsung sebagai bentuk kerjasama bersama brand.

Afiliasi Marketing - Afiliasi Marketing biasanya dikenal juga dengan performance-based marketing. Artinya, pengiklan akan memberikan komisi berdasarkan hasil kinerja yang telah disepakati di awal. Misalnya, kamu memiliki tugas untuk mengajak pendengarmu mengunduh aplikasi untuk salahsatu startup dengan jumlah tertentu, jika memenuhi KPI maka mereka akan memberi reward tertentu untuk podcastmu.

Baca juga : Cara Unggah Podcast ke Spotify via Anchor

Event Offline - Jika podcastmu sudah membentuk audience sendiri. Cobalah untuk membangun event offline. Kamu bisa menggunakan sistem penjualan tiket untuk mendapat penghasilan dari event tersebut. Kamu juga memiliki kesempatan menjalankan event ini bareng sponsor. Siapkan saja proposalmu untuk mulai membangun event. Event podcast yang sedang berjalan contohnya seperti, Hangouts project yang berkolaborasi dengan Podcast Ancur. Sebelumnya acara ini menghadirkan lebih dari 250 penonton di Jakarta. Selanjutnya, acara ini akan hadir di Bandung, tanggal 24 Juni 2023.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari podcast. Nah agar kamu mudah meraup pundi-pundi uang, ini yang harus kamu lakukan untuk podcastmu :

  • Pilih tema yang menarik

Pilihlah topik atau tema podcast yang unik dan menarik bagi target audiens kamu. Tema yang spesifik dapat membantu kamu menarik perhatian pendengar potensial yang memiliki minat khusus pada topik tersebut.

  • Buat jadwal yang konsisten

Buatlah jadwal teratur untuk merilis episode podcast kamu. Konsistensi adalah kunci untuk membangun audiens yang setia. Pastikan kamu mempertahankan jadwal tersebut agar pendengar tahu kapan bisa mengharapkan episode baru.

Baca juga : 5 Topik Podcast yang Ramai Pendengar

  • Buat konten berkualitas

Pastikan setiap episode podcast kamu memiliki konten yang berkualitas tinggi. Berikan informasi yang bernilai, pendapat yang berbeda, atau wawancara dengan tamu yang menarik. Semakin baik kualitas konten kamu, semakin besar peluang kamu untuk menarik pendengar dan pengiklan.

  • Promosikan setiap episode

Promosikan podcast kamu melalui berbagai saluran, seperti media sosial,situs web, atau grup komunitas terkait dengan topik podcast kamu. Gunakan pemasaran konten, guest posting, atau kerjasama dengan podcaster lain untuk memperluas jangkauan audiens kamu. 

  • Interaksi dengan pendengar

Terlibatlah dengan pendengar melalui media sosial, surel, atau forum diskusi. Tanggapi komentar, pertanyaan, atau saran dari pendengar kamu. Membangun hubungan dengan pendengar dapat meningkatkan loyalitas dan memberikan peluang untuk mendapatkan pendapatan melalui dukungan langsung dari pendengar.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB