LogoDIGINATION LOGO

Cara Branding Bisnis Era Digital, Gunakan Audio Marketing

author Oleh DQLab Jumat, 9 Juni 2023 | 15:14 WIB
Share
Share

 

Transformasi teknologi digital kini sudah mendorong banyaknya perubahan, terutama bagi para stakeholders dalam menjalankan bisnis mereka. Dengan demikian, tim pemasaran atau marketing membutuhkan strategi marketing yang efektif dan efisien sesuai target audiens serta mereka juga dapat menekan cost pemasaran. Sehingga, marketer sudah mulai menggunakan Big Data serta strategi yang dijalankannya pun berdasarkan data-driven. 

Di era digital ini, marketer harus mengikuti perkembangan zaman terutama dalam melakukan branding bisnis. Mulai dari menggunakan platform media sosial (seperti Youtube, Instagram, Twitter, Twitch, dsb), menggunakan influencer sebagai partnership bisnis mereka, hingga menggunakan audio marketing sebagai bentuk meningkatkan brand awareness bisnis. 

Namun, apa yang dimaksud dengan audio marketing? Apakah penting dan berdampak jika diaplikasikan pada bisnis kita?. Jangan khawatir, melansir dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara akan memperkenalkan cara marketing kekinian yaitu audio marketing. Simak artikel berikut untuk penjelasannya.

Apa itu Audio Marketing?

Pernahkah kamu mendengarkan iklan ketika sedang memutar lagu di Spotify? atau sering mendapatkan iklan 5 detik ketika sedang menonton YouTube? Tanpa disadari, contoh tersebut merupakan bentuk audio marketing lho. Sesuai dengan namanya, audio marketing adalah salah satu bentuk pemasaran dalam mempromosikan serta meningkatkan brand awareness menggunakan audio.

Promosinya pun bentuknya beragam, mulai dari memperkenalkan bisnismu secara ringkas, produk yang sedang launching, atau layanan yang bisa digunakan pelanggan sekalipun. Dengan adanya audio marketing, ini menjadi tools yang sangat powerful karena bisa menjangkau target audiens yang ingin dituju. Berbeda dengan bentuk pemasaran lainnya, pada audio marketing bersifat sangat pribadi dan interaktif dan hal ini sangat bagus untuk menghubungkan tingkat emosional antara brand bisnis dengan target audiens.

Baca juga: 4 Alasan Data Science Penting untuk Keputusan Bisnis

Tak jarang dari kita terkadang hafal akan suatu iklan bukan? ya, tim pemasaran akan menggunakan strategi audio marketing dengan membombardir atau mengulang-ulang pesan ke dalam bentuk iklan format audio. Efek dari audio marketing pun juga akan lebih cepat menyebar luas, faktanya banyak pelanggan atau konsumen akan mencari produk atau layanan setelah mendengar iklan audio tersebut.

Tips Audio Marketing yang Bisa Kamu Lakukan

Sama seperti bentuk pemasaran lainnya, audio marketing juga membutuhkan strategi agar pesan atau campaign yang dijalankan dapat sesuai target audiens dan juga kita dapat membuat konten audio yang relevan. Adapun beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan sebagai rencana pembuatan konten audio:

  • Konten Audio yang Relevan dengan Target Audiens, sebelum pembuatan konten audio dimulai lakukanlah riset dan kumpulkan ide-ide topik yang sesuai dengan target audiens. Setelah itu selaraskan konten audio dan minat mereka dengan mempromosikan bisnismu. 
  • Produksi Konten Audio yang Berkualitas, pada dasarnya banyak orang ketika mendengar iklan audio, streaming lagu atau podcast menyukai kualitas audio yang jelas dan bagus. Mulailah investasikan kualitas audio dengan menggunakan software recording yang memadai serta menyunting kembali rekaman audio sebelum mempublikasikannya. 
  • Gunakan Keywords pada Judul Konten & Deskripsi, penting menggunakan keywords pada konten yang akan diproduksi. Dengan adanya keywords, akan membantu target audiens mencari konten audio sesuai dengan kebutuhan mereka. Pastikan keyword konten audio, judul dan deskripsi konten sudah selaras, karena nantinya algoritma Machine Learning akan memproses dan memfilter keywords tersebut.
  • Gunakan Media Sosial untuk Promosi, cara yang sering dilakukan yaitu dengan membagikan tautan potongan konten audio ke media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan platform media sosial lainnya.

Baca Juga: Machine Learning Model, Bagian dari AI

Hindari memproduksi konten audio dan mengharapkan audiens dapat mendengarkannya, agar konten audio marketing dapat memberikan dampak positif bagi bisnis maka kamu dapat menggunakan AI dan Machine Learning untuk menemukan ide konten audio marketing yang lebih efektif. Dengan kecerdasan AI dan Machine Learning, tim pemasaran akan lebih mudah mengenal target audiens serta melakukan personalisasi berdasarkan data audiens. 

Jika kamu tertarik belajar konsep  AI dan Machine Learning, DQLab memberikan program LiveClass dan pembelajarannya diajarkan langsung bersama mentor praktisi data profesional di industri. DQLab merupakan kursus online Data Science berbahasa Indonesia dan sudah menggunakan fitur ChatGPT lho dalam pembelajarannya. Informasi lebih lanjut kunjungi https://dqlab.id/live-class atau DQLab.id . Yuk mulai belajar Data, karena Data untuk semua!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB