LogoDIGINATION LOGO

6 Rekomendasi Software Audio Mixer

author Oleh Dewi Shinta N Jumat, 2 Juni 2023 | 16:41 WIB
Share
Share

 

Terkadang kita membutuhkan mengedit audio secara mandiri untuk mendapatkan hasil audio yang kita inginkan. Di era kecanggihan teknologi saat ini perangkat lunak (software) penggabungan audio dapat membantu kamu mensintesis file/ audio.

Dikutip dari Kumparan, audio mixer adalah untuk memadukan (mixing), menjadi pengatur jalur (routing), dan mengubah level, serta melakukan harmonisasi secara dinamis dari sinyal audio. Kamu tak perlu menggunakan alat mixing desk atau papan suara untuk mendapatkan fungsi audio mixer karena bisa memanfaatkan software audio mixer yang hadir dengan fitur seperti di perangkat mixing desk. 

Buat kamu yang lagi cari software audio mixer untuk memproses trek audio kamu ini dia 6 rekomendasi Software Audio Mixer yang bisa kamu gunakan:

1.Audacity

Operation System (OS) yang didukung: Windows, Mac, Linux

Audacity adalah software audio mixer gratis, open-source dan cross-platform. Software ini bisa kamu gunakan di Windows, Mac dan Linux, dan mendukung semua jenis format audio seperti MP3, MP4, AIFF, PCM, WMA, AC3, AMR dan banyak lagi. Selain itu, software ini juga menawarkan fitur-fitur termasuk perekaman, ekspor/impor, pengeditan, efek, dll.

Baca juga : 7 Rekomendasi AI Voice Generator Terbaik yang Wajib Kamu Coba

2. Adobe Audition

OS yang didukung: Windows, Mac

Adobe Audition adalah aplikasi mixer suara profesional yang dirancang untuk pengguna profesional. Ini menawarkan fitur canggih untuk memadukan audio kamu dengan sempurna. Kamu dapat merekam, mengedit, dan mengintegrasikan klip musik, menambahkan transisi ke audio, mengekspor konten audio untuk podcast, dan menambahkan lagu apa pun yang kamu inginkan.

3. Logic Pro X

OS yang didukung: Hanya Mac

Dikembangkan oleh Apple Inc, Logic Pro X adalah mixer audio yang bekerja dengan baik untuk pemula dan profesional baru. Software ini mendukung format WAV, AIFF, CAF, PCM, ALAC, AAC, MP3 dan banyak lagi. Kamu dapat membuat dan berimprovisasi dengan cara yang benar-benar baru dengan Live Loops. Selain itu, kamu dapat mengontrol sesi pembuatan musik dari iPad atau iPhone dengan Logic Remote.

4.Reaper

OS yang didukung: Linux, Windows dan macOS

Reaper adalah salah satu perangkat lunak audio mixer terbaik dan menawarkan fitur seperti aplikasi efek non-destruktif, komersial dan home studio, broadcast, location recording, desain suara, game development, multiple tracks, multichannel support, pitch shifting dan time-shifting. 

Baca juga : Podcast! Wajah Baru Industri Hiburan

5. Voicemeeter Banana

OS yang didukung: Windows

Voicemeeter Banana adalah Aplikasi Mixer Audio Tingkat Lanjut yang dilengkapi dengan perangkat Audio Virtual yang digunakan sebagai I/O Virtual untuk mencampur dan memproses sumber audio apa pun dari perangkat audio apa pun. Software ini memiliki clean interface, berbagai kontrol, dan berbagai layanan streaming.

Itulah daftar software audio mixer terbaik yang bisa kamu instal di perangkatmu. Dengan aplikasi di atas, kamu bisa mengedit audio dengan mudah tanpa perlu membeli perangkat audio mixer. 

6. FL Studio Mobile

FL Studio Mobile juga bisa menjadi pilihan aplikasi edit suara untuk podcast yang berkualitas. Biasanya para musisi menggunakan aplikasi ini untuk menambahkan berbagai efek seperti synthesizer, drum kit, sampler, dan juga irama irisan loop.

Tak hanya itu, aplikasi ini dapat mengubah nada dari contoh dan preset yang tersedia sambil mendengarkan rekaman suara yang dibuat.

Terdapat juga berbagai pilihan ekspor yang bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB