LogoDIGINATION LOGO

Audio Streaming Semakin Booming di Indonesia, Begini Trennya!

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 30 Mei 2023 | 16:53 WIB
Share
Share

Saat ini, tren audio streaming di Indonesia terus meningkat dengan cepat. Berbagai platform audio streaming telah muncul dan semakin populer di kalangan pengguna di Indonesia. Hal ini diiringi oleh konsumsi media online generasi Z (Kelahiran tahun 1997-2012) yang bervariasi. Lantas bagaimana trennya? Yuk simak artikelnya!

Apa itu Audio Streaming?

Audio streaming adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan konten audio secara real time melalui internet. Audio streaming ini melibatkan pengiriman data audio secara real-time dari sumbernya ke perangkat pengguna, tanpa perlu mengunduh atau menyimpan file audio secara lokal. 

Dalam era digital yang makin maju, audio streaming telah menjadi salah satu cara populer untuk mengakses musik, podcast, audiobook, dan berbagai jenis konten audio lainnya. Teknologi audio streaming telah mengubah cara masyarakat mengakses dan mengonsumsi musik, podcast, siaran radio, dan berbagai konten audio lainnya dengan lebih mudah dan fleksibel.

Berikut adalah beberapa tren audio streaming di Indonesia:

Baca juga : 7 Rekomendasi AI Voice Generator Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Musik Streaming

Siapa di sini yang tidak mendengarkan musik? Audio streaming yang paling populer dikalangan masyarakat adalah Audio Streaming. Dikutip dari Goodstat, pada Federasi Internasional Industri Fonograf (IFPI) dalam laporannya di tahun 2022 mengungkap, internet telah banyak merevolusi konsumsi musik global. 

Mayoritas atau sebanyak 64% responden lebih memilih mengakses dan menikmati musik melalui internet (digital). Rata-rata waktu yang dihabiskan untuk mendengarkan musik secara global mencapai 20,1 jam per minggu pada tahun 2022. Angka ini mengalami peningkatan dari 18,4 jam per minggu pada tahun sebelumnya.

Menyadur hasil laporan IFPI, mayoritas responden sebanyak 24% mengaku lebih menyukai aplikasi musik berlangganan, seperti Spotify dan Apple Music sebagai tempat untuk mendengarkan musik. Ini diikuti oleh aplikasi video streaming seperti YouTube dengan persentase mencapai 19%.

Radio Online

Audio streaming juga digunakan untuk mendengarkan radio online. Pengguna dapat mengakses berbagai stasiun radio dari seluruh dunia dan mendengarkan siaran langsung melalui internet. 

Dikutip dari SWA, data Nielsen pada Kuartal III/2019 menunjukkan bahwa 57% pendengar radio adalah Generasi Z dan milenial atau generasi masa depan. Sebanyak 4 dari 10 orang pendengar radio mendengar radio melalui perangkat yang lebih personal yaitu mobile phone. Federasi Internasional Industri Fonograf (IFPI) mengungkap radio juga menjadi salah satu media/layanan favorit masyarakat untuk mendengarkan musik dengan persentase responden sebanyak 17%.

Baca juga : Tren dan Tools yang Wajib Banget Kamu Gunain Buat Bikin Konten

Live Streaming 

Live streaming audio juga mulai naik daun di Indonesia. Beberapa platform seperti TikTok, Clubhouse, Twitch, Nimo TV, telah memperkenalkan fitur live streaming audio di mana pengguna dapat berinteraksi dengan penyiar atau mendengarkan konten live yang sedang disiarkan. 

Live streaming semakin populer seiring perkembangan hybrid event seperti konferensi online dan webinar. Peserta dapat mendengarkan presentasi, diskusi, atau ceramah secara real-time melalui live streaming.

Podcast

Salahsatu audio streaming yang populer adalah podcast. Banyak orang mencari konten podcast, mulai dari cerita, hiburan, berita, hingga pembelajaran. Bahkan data IDN Media melalui lembaga risetnya IDN Research Institute dalam laporan "Indonesia Gen Z Report 2022" mengungkap bahwa 32% Gen Z Indonesia mendengarkan podcast. Bahkan sekitar 25% pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap harinya.

Tren Podcast di Indonesia tidak hanya menghadirkan hiburan baru bagi masyarakat Indonesia, namun juga peluang penghasilan baru. Banyak podcaster dan industri hiburan yang telah merasakan bagaimana ekosistem podcast menjadi peluang pendapatan baru.

Baca juga : Bagi Kamu Penggemar Podcast, Bersiaplah untuk Ngakak Bareng di SUPER PODCAST SHOW 2023

Salahsatunya event Podcast yang baru-baru ini hadir di Jakarta yaitu Super Podcast Festival 2023, kolaborasi Hangout Project dan Podcast Ancur yang berhasil mendatangkan 250 pendengar podcast. Event ini juga akan hadir di Bandung pada 24 Juni 2023 di Dreams Social Life, Dago, Bandung.

Audiobook

Audiobook juga semakin populer di Indonesia. Banyak platform seperti Storytel, Audible, dan Noice menawarkan koleksi buku audio yang dapat diakses oleh pengguna di Indonesia. Hal ini memungkinkan orang untuk mendengarkan buku-buku favorit mereka ketika mereka sedang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk membaca.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB