LogoDIGINATION LOGO

Tren dan Tools yang Wajib Banget Kamu Gunain Buat Bikin Konten

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 14 Februari 2023 | 17:17 WIB
Share
Share

Ngaku deh kamu salah satu orang yang percaya kalau brand yang punya konten bagus pasti lebih trusted kan?

Saat ini merek atau brand yang menonjol adalah merek yang memiliki konten yang menarik. Tidak sedikit orang akan membeli atau mempercayai suatu merek hanya dari tampilan kontennya saja.

Menurut survei yang dilakukan oleh CoSchedule, 84% orang berbagi konten untuk menyebarkan berita atau merek yang mereka sukai. Itu berarti, orang-orang memiliki keinginan konten yang dibagikan oleh brand, selama itu menarik minat mereka dan secara langsung mencerminkan nilai dari merek. Lalu konten apa yang bisa menarik audience?

Trend konten bervariasi tergantung pada pasar dan audiens tertentu. Namun, beberapa jenis konten yang sedang tren saat ini meliputi:

Baca juga : 8 Tren dan Rekomendasi Marketing Channel 2023

  1. Konten video: Video menjadi lebih populer seiring dengan pertumbuhan aplikasi seperti YouTube dan TikTok, serta peningkatan kapasitas streaming dan kualitas kamera pada perangkat mobile.
  2. Konten interaktif: Konten interaktif seperti permainan, aplikasi, dan realitas virtual sedang menjadi populer karena menawarkan pengalaman yang lebih imersif dan mempengaruhi.
  3. Konten personal: Konten yang berfokus pada pribadi, seperti vlog, podcast, dan Instagram, sedang menjadi populer karena menawarkan koneksi yang lebih personal dan dalam dengan audiens.
  4. Konten informatif: Konten yang bermanfaat dan berguna, seperti tutorial, artikel, dan infografik, masih populer dan banyak dicari oleh audiens yang ingin belajar sesuatu baru.
  5. Konten UGC (User Generated Content): Konten yang dibuat oleh pengguna, seperti posting di media sosial, sedang menjadi lebih populer karena menawarkan pandangan yang unik dan autentik.

Namun, trend konten berkembang dan berubah secara dinamis, jadi penting untuk terus memantau dan menyesuaikan konten yang kamu buat agar tetap relevan dan berkualitas. 

Nah agar konten kamu makin ciamik dan nggak ketinggalan jaman, berikut tools yang harus kamu gunain :

Baca juga : Siap-siap Sukses di Tahun Depan, Berikut Tren Digital Marketing 2023

  • Google Trend

Google Trends merupakan salah satu tools dari Google untuk memudahkan proses mencari ide konten, Lewat tools ini, kamu bisa bebas mencari kata kunci, dan bahkan membandingkan dengan kata kunci lain. Nggak cuma itu, Google Trends juga menyajikan matriks kata kunci yang sedang populer berdasarkan urutan waktu maupun wilayah mana saja yang paling banyak mengakses suatu topik. 

  • Contentideas.io

Tidak hanya Google Trend, Contentideas.io ini berisi banyak artikel dari seluruh dunia yang berisi berbagai topik populer. Contentideas.io bakal kasih tau informasi yang artikel yang banyak dibaca audience. Web ini sangat berguna bagi kamu yang ingin tahu tren yang lagi hype di seluruh dunia untuk kamu jadikan referensi untuk konten kamu.  

  • Canva

Misalnya kamu belum mahir menggunakan tools desain grafis profesional, aplikasi desain grafis Canva bisa menjadi pilihan. Aplikasi ini sudah tersedia dengan template, animasi gratis, stiker, gambar dan banyak lagi yang dapat kamu akses menggunakan smartphone atau laptop, sehingga mudah digunakan sebagai editor pemula. Dengan aplikasi ini, feed Instagram kamu akan terlihat lebih menarik dan tertata.

Baca juga : Siap Hadapi Potensi Resesi, Ini Strategi Perkuat Bisnis di Tahun 2023

  • Capcut

Buat konten video, kamu bisa minta bantuan Capcut agar video kamu makin ciamik. Aplikasi ini dapat ditautkan langsung ke akun tiktok pribadi kamu. Dengan cara ini, kamu dapat mengedit dengan aplikasi Capcut menggunakan suara viral dan video inspirasional yang disimpan di tiktok. Capcut juga menyediakan template gaya video tiktok yang mudah diedit. Yang harus kamu lakukan adalah menambahkan video atau foto yang kamu butuhkan.

  • Content Creator 

Konsistensi adalah kunci sukses kreatif. Cara untuk mencapai tingkat yang konsisten adalah dengan menjadwalkan konten. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan penjadwalan, monetisasi, dan analisis konten video. Buat konten sesuai kebutuhan dan jadwalkan unggahan. Tools Content Creator dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan kontenmu.

Itu dia beberapa informasi mengenai tren konten dan tools yang harus kamu gunakan. Bikin konten itu kuncinya konsisten. Jadi konten yang baik harus diimbangi dengan konsistensi ya!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB