LogoDIGINATION LOGO

5 Tips Nabung Bareng Pacar Buat Modal Nikah

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 22 Mei 2023 | 20:30 WIB
Share
Share

Menikah adalah hal wajib dalam agama. Namun proses menuju pernikahan menjadi tantangan setiap pasangan, karena biaya pesta pernikahan tidaklah sedikit.

Untuk mengurangi beban biaya pernikahan, biasanya pasangan memilih nabung bareng. Nabung bareng pacar bertujuan agar target yang telah ditentukan mampu tercapai tepat waktu dan sesuai rencana. Sebab, jika dijalani tanpa rencana yang jelas, kemungkinan besar aktivitas menabung bersama pasangan tersebut tidak akan berjalan lancar.

Agar hal tersebut tidak terjadi, simak 5 tips nabung bareng pacar berikut ini:

Diskusikan Terlebih Dahulu

Sebelum mulai menabung bersama pasangan, pastikan untuk mendiskusikan perihal  wedding dream, budget yang harus disiapkan dan bagaimana cara mengumpulkan budget tersebut. Jika hasil diskusi tersebut memutuskan untuk nabung bersama, pastikan ini adalah keputusan bersama bukan keputusan sepihak. Melalui diskusi tersebut, kamu akan mendapatkan titik temu yang paling ideal. Jadi, kegiatan menabung ini bisa berjalan dengan lancar hingga akhir.

Baca juga : Nabung Rp100 juta selama 1 Tahun buat Modal Nikah, Emang Bisa?

Perketat Pengeluaran

Setelah mengetahui nominal dan persentase dana yang harus disisihkan untuk tabungan bersama pasangan, coba untuk menghilangkan pengeluaran yang sifatnya konsumtif, seperti belanja barang tak penting, terlalu sering makan di luar, dan sebagainya. Bila perlu, sisihkan dana untuk menabung tersebut di awal agar tak berisiko digunakan pada hal lain yang kurang penting.

Buat Rekening Khusus

Tips selanjutnya, agar aktivitas menabung bisa dilakukan dengan lebih disiplin dan tak rawan tercampur dengan keuangan pribadi, buat rekening khusus untuk tabungan tersebut. Pastikan, kedua belah pihak wajib memiliki akses terhadap rekening tabungan tersebut agar lebih mudah memantau dan mengisinya sesuai kesepakatan. Saat ini bank digital bisa menjadi alternatif kamu nabung bersama.

Baca juga : 5 Penyebab Utama Keuanganmu Berantakan

Tambah Pemasukan Bersama

Selain memangkas pengeluaran, tips nabung bareng pacar lain yang bisa kamu lakukan adalah menambah pemasukan. Karena berkomitmen untuk meraih tujuan finansial bersama, meningkatkan pendapatan ini bisa dilakukan dengan cara membuka bisnis bareng pasangan atau semacamnya. Tentunya, keuntungan dari bisnis bareng pacar tersebut dialokasikan sepenuhnya pada tabungan untuk modal nikah. Dengan begitu, rencana menggelar acara pernikahan lebih mungkin terwujud tepat waktu.

Manfaatkan Investasi

Tips nabung bareng pacar yang terakhir adalah memanfaatkan investasi. Seperti yang kita tahu, investasi merupakan salah satu cara untuk bisa mengembangkan dana tabungan dengan lebih optimal seiring berjalannya waktu. Jika rencana menikah akan dilakukan tahun depan, pilih instrumen investasi berisiko rendah seperti tabungan berjangka, deposito, atau reksa dana pasar uang yang harganya cenderung stabil. 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB