LogoDIGINATION LOGO

Nabung Rp100 juta selama 1 Tahun buat Modal Nikah, Emang Bisa?

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 22 Mei 2023 | 18:15 WIB
Share
Share

Kamu pasti memiliki wedding dream di acara pesta pernikahan kamu bersama pasangan. Namun terkadang, wedding dream yang kamu cita-citakan hanya jadi mimpi semata karena kendala budget. Lantas bagaimana mewujudkan wedding dream jika hanya memiliki jangka waktu menabung selama satu tahun bersama pasangan? Okay.. mari kita bahas!

Sebelum menabung, pertama yang harus kamu lakukan adalah menurunkan ekspektasimu terlebih dahulu. Jangka waktu satu tahun bukanlah waktu yang lama. Jika kamu memaksakan diri untuk nabung mati-matian demi wedding dream kamu, maka bisa-bisa kamu dan pasangan kelelahan dengan hal itu. Ini akan membahayakan bagi hubungan kamu sendiri. Jika kamu ingin tetap mewujudkan wedding dreammu mungkin Intimate Wedding bisa menjadi opsi pernikahanmu.

Intimate wedding merupakan konsep wedding dengan tamu khusus kerabat terdekat. Otomatis tamu undangan yang diundang pun hanya kerabat terdekat seperti sahabat dan saudara inti.  

Baca juga : 5 Penyebab Utama Keuanganmu Berantakan

Intimate Wedding banyak dipilih pasangan saat ini karena dianggap lebih sakral dan bisa memangkas ongkos pengeluaran. Dengan konsep ini, kamu bisa menghemat budget katering karena orang yang diundang pun tidak banyak seperti wedding pada umumnya namun kamu bisa mempercantik dekorasi dan pelaminan sesuai wedding dream kamu.

Estimasi biaya pernikahan intimate wedding di hotel atau restaurant Jakarta dengan tamu 100 undangan berkisar Rp100 juta. Sudah termasuk Make up, baju pengantin, dokumentasi dan musik. 

Jika kamu memiliki gaji Rp9 juta perbulan, sementara pasanganmu Rp10 juta perbulan, maka setidaknya kamu perlu menyisihkan sekitar 40% dari penghasilanmu. Mari kita hitung!

Gaji per bulan

Alokasi 40% gaji

Jangka Waktu

Jumlah tabungan

Rp9 juta

Rp3,6 juta

12 bulan

Rp43,2 juta

Rp12 juta

Rp4,8 juta

12 bulan

Rp57,6 juta

Total

Rp100.8 juta

Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut, rencana menabung bersama pasangan dengan target dana 100 juta selama setahun bisa dicapai dengan alokasi tabungan tiap bulan 40% dari gaji. Bagaimana dengan gaji UMR?

Baca juga : 7 Ide Side Hustle Modal Internet

Kita asumsikan jika gaji kamu berkisar Rp5 juta sementara pasanganmu Rp7 juta, maka uang yang perlu kamu sisihkan sekitar lebih dari 50% dari gaji. Mari kita hitung:

Gaji per bulan

Alokasi 70% gaji

Jangka Waktu

Jumlah Tabungan

Rp5 juta 

Rp3,5 juta

12 bulan

Rp42 juta

Rp7 juta

Rp4,9 juta

12 bulan

Rp58,8 juta

Total 

Rp100,8 juta

Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut, rencana menabung bersama pasangan dengan target dana 100 juta selama setahun dengan gaji UMR bisa dicapai berdasarkan alokasi tabungan tiap bulan 70% dari gaji. Otomatis kamu hanya punya sisa 30% untuk kebutuhan sehari-hari. Disarankan untuk menabung sebesar 70% kamu sudah harus terbebas dari cicilan, dan mematokan pengeluaranmu sebesar Rp50.000 setiap harinya.

Namun, biaya ini hanya estimasi, dana pernikahan dan persentase menabung tentu dapat disesuaikan dengan kemampuan dan pendapatan kamu setiap bulan. Yang pasti dibutuhkan diskusi dan konsistensi dalam proses menabung.

Jika memang tidak memungkinkan untuk merayakan pesta pernikahan, nikah di KUA juga bisa kamu lakukan. Malah, tren ini banyak dipilih seiring sadarnya generasi saat ini akan pentingnya dana simpanan setelah menikah.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE