LogoDIGINATION LOGO

Enam Kebiasaan yang Membuat Kamu Susah Kaya

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 16 Mei 2023 | 16:18 WIB
Share
Share

 

Sering nggak sih setiap bulan gajian tapi kok uangnya habis begitu aja? Kemana ya perginya? Nah tanpa disadari uang yang hilang begitu saja hadir dari kebiasaan mu lho. Bahkan jika kamu tidak kurangi sejak dini, maka kebiasaanmu ini menghambat kamu untuk mencapai kekayaan. 

Berikut adalah enam kebiasaan yang bisa membuat susah kaya:

Pengeluaran Lebih Banyak dari Penghasilan

Salah satu kebiasaan yang dapat menghambat kekayaan adalah menghabiskan lebih dari yang kamu hasilkan. Jika kamu tidak disiplin dalam mengelola keuangan pribadi dan terus mengeluarkan lebih banyak uang daripada yang kamu peroleh, maka kamu akan kesulitan membangun kekayaan. 

Dikutip dari Finansialku, jika pengeluaran lebih dari 50% dari pendapatan bulanan, berarti manajemen keuanganmu tidak sehat. Oleh karena itu hindari pengeluaran hingga 50% setiap bulannya.

Baca juga : Tips Hemat Membeli Oleh-oleh Saat Liburan 

Ketagihan Paylater

Punya uang cash tapi malah pilih bayar pakai Paylater, ayo siapa yang suka kaya gini? Merasa membayar menggunakan paylater lebih mudah dan menguntungkan? tapi sebenarnya kebiasaan seperti ini tidak sangat disarankan lho. 

Karena disisi lain kita tidak tahu pengeluaran kita kedepannya bagaimana, jika amit-amit ada hal yang tidak diinginkan terjadi, maka kita akan sulit membayar tanggungan Paylater dibulan sebelumnya. Ditambah paylater memiliki ketentuan bunga setiap pinjamannya, bukannya belanja lebih murah tapi malah harus membayar bunga. So.. kudu lebih cerdas ya.

Cicilan 35% Lebih Besar dari Penghasilan Per Bulan

Dikutip dari Cermati.com berapapun jumlah penghasilan setiap bulannya, idealnya nilai cicilan utang tidak lebih dari 35% dari jumlah penghasilan tersebut. Hal ini berkaitan dengan kemampuan bayar, termasuk kemampuan keuangan kamu untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup dengan baik. 

Saat terpaksa memiliki utang, pastikan nilai cicilan per bulannya maksimal 35% dari penghasilan yang didapatkan. Jika lebih dari itu, tentu akan sangat beresiko. Porsi pengeluaran untuk cicilan yang terlalu besar seperti ini, akan membuat keuangan tidak lagi seimbang. Kalau keuangan saja tidak seimbang, gimana mau nabung bukan?

Baca juga : 7 Ide Side Hustle Modal Internet

Tidak mencari peluang penghasilan tambahan 

Jika kamu hanya mengandalkan satu sumber penghasilan, terutama jika penghasilan tersebut terbatas, maka mencapai kekayaan bisa menjadi lebih sulit. 

Mengembangkan kebiasaan untuk mencari peluang penghasilan tambahan, seperti side hustle, investasi, atau usaha kecil, dapat membantu meningkatkan aliran uang masuk dan mempercepat proses mencapai kekayaan.

Tidak berinvestasi

Banyak orang tidak memanfaatkan potensi pertumbuhan kekayaan melalui investasi. Jika kamu hanya mengandalkan penghasilan rutin dan tidak menginvestasikan uang kamu, kemungkinan kamu tidak akan melihat uang kamu bekerja lebih dari itu. 

Memulai dan mengembangkan kebiasaan investasi adalah penting dalam membangun kekayaan. Kamu bisa mulai dari investasi yang memiliki tingkat risiko rendah seperti reksadana atau obligasi.

Tidak memiliki anggaran atau rencana keuangan

Rencana keuangan yang tidak jelas dan sulit mengontrol keinginan berbelanja, juga menghambat kamu untuk mencapai kekayaan. Tanamkan kebiasaan membuat anggaran bulanan dan menetapkan tujuan keuangan jangka panjang untuk membantu mengarahkan kamu menuju kekayaan.

Itu dia beberapa kebiasaan yang membuat kamu susah kaya. Dengan mengatasi kebiasaan-kebiasaan yang menghambat kekayaan, kamu dapat meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih baik. Ingat mengubah kebiasaan-kebiasaan ini membutuhkan kesadaran, disiplin, dan komitmen yang kuat, so yuk ubah kebiasaan kamu dari sekarang!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB