LogoDIGINATION LOGO

Ini Dia Dana Darurat yang Perlu Disiapkan sesuai Status

author Oleh Dewi Shinta N Kamis, 18 Mei 2023 | 10:31 WIB
Share
Share

 

Dana darurat menjadi kebutuhan penting untuk menjaga keuangan kita. Dana darurat merupakan dana cadangan yang disiapkan untuk menghadapi situasi darurat atau keadaan tak terduga yang memerlukan biaya tambahan.

Setiap orang memang memiliki kebutuhan dan kondisi keuangan yang berbeda, jadi jumlah dana darurat yang perlu disiapkan dapat bervariasi tergantung pada status dan situasi pribadi seseorang. Namun disarankan untuk memiliki dana darurat setidaknya 6 hingga 12 bulan pengeluaran rutin agar keuanganmu semakin sehat. 

Agar kamu punya bayangan berapa dana darurat yang harus disiapkan, berikut jumlah Dana Darurat yang perlu disiapkan sesuai status yang dikutip dari Kementerian Keuangan :

Baca juga : Segini Idealnya Gaji UMR Bisa Nonton Konser Coldplay

Dana Darurat bagi Lajang

Untuk yang masih melajang, idealnya dana darurat yang harus disiapkan adalah  6 kali pengeluaran bulanan. Bagi kamu yang melajang biasanya belum memiliki banyak tanggungan, baik itu dari sisi orang tua, pasangan atau anak. Paling tanggungan yang paling besar adalah membayar cicilan. 

Oleh karena itu, idealnya dana yang perlu dikumpulkan berkisar antara 6 kali pengeluaran bulanan. Misalnya pengeluaran per bulan kamu mencapai 3 juta, artinya dana yang perlu kamu siapkan sekitar 18 juta.

Dana Darurat bagi Pengantin Baru

Bagi kamu keluarga baru yang masih belum memiliki momongan, idealnya dana darurat yang harus kamu kumpulkan adalah 9 kali pengeluaran tiap bulan. Artinya, jika mempunyai pengeluaran sebesar 4 juta per bulan, nominal dana yang harus ditabung adalah 36 juta.

Dana Darurat saat Sudah Menikah

Bagi kamu yang sudah menikah, apalagi telah memiliki buah hati, dana darurat yang perlu disiapkan sebaiknya 12 pengeluaran bulanan. Hal ini dikarenakan jumlah tanggungan cukup banyak. Sebagai contoh, dengan pengeluaran bulanan sebesar 6 juta, dana darurat yang perlu dikumpulkan adalah 72 juta agar kondisi keuangan lebih terjaga.

Baca juga : Enam Kebiasaan yang Membuat Kamu Susah Kaya

Mengapa idealnya besaran nominal dana darurat berada pada rentang 6-12 kali lipat pengeluaran per bulan? 

Dana darurat sebesar 6-12 kali lipat harus disiapkan untuk menjaga kamu dari hal-hal yang tidak diinginkan misalnya sakit atau kehilangan pekerjaannya. 

Jika di asumsikan dengan kehilangannya pekerjaan, misalnya, kamu memiliki dana darurat sebesar 3 kali lipat pengeluaran per bulan, artinya kamu hanya memiliki persediaan dana untuk kebutuhan atau pengeluaran selama tiga bulan. Kondisi ini cukup berisiko apabila waktu menganggurmu lebih panjang dibandingkan dana daruratmu.

Itu dia gambaran dana darurat yang harus kamu siapkan. Jadi, lebih sadar dengan dana darurat yuk! Semakin kamu melek finansial maka semakin sehat pula keuanganmu.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB