LogoDIGINATION LOGO

Gunakan AI untuk Prediksi Cash Flow? Ini Penjelasannya

author Oleh DQLab Rabu, 17 Mei 2023 | 14:33 WIB
Share
Share

 

Dalam menjalankan bisnis, kita akan membutuhkan sebuah prediksi atau perkiraan biaya yang harus dikeluarkan dan juga transaksi yang masuk menjadi profit perusahaan. Hal ini digunakan agar kita bisa membuat sebuah perencanaan operasi keuangan hingga jangka panjang dan mengurangi tingkat risiko yang bisa membahayakan bisnis kita. 

Cash flow atau pencatatan aliran kas bisnis berguna untuk memperkirakan uang mengalir masuk dan keluar dari bisnis (pendapatan dan pengeluaran) sesuai harapan kita. Agar laporan cash flow dapat diprediksi dengan tepat, kini para stakeholders menggunakan tools Artificial Intelligence dan Machine Learning yang bisa membantu mengubah perkiraan arus kas menjadi lebih tepat. Melansir dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara, akan membahas penggunaan AI untuk membantu prediksi cash flow dalam bisnis. Yuk simak artikelnya berikut.

Baca juga: Apa Sih Perbedaan Antara AI vs Machine Learning?

Mengingat hampir seluruh operasional menggunakan data, maka sudah banyak bisnis atau perusahaan besar mengambil potensi besar dari AI menjadi sebuah pertumbuhan, kesejahteraan dan manfaat bagi sosial hingga di masa depan. Mengadopsi AI sangat membantu kita, karena AI memanfaatkan kumpulan data dan memberikan insight yang bisa ditindaklanjuti berdasarkan analisa. Kemudian dilanjutkan oleh manusia sebagai decision maker yang menentukan insight (prediksi) mana yang paling berdampak secara signifikan bagi bisnis.

Mengatur dan memprediksi cash flow dari bisnis selama periode waktu tertentu menjadi prioritas utama bagi bisnis, karena memprediksi cash flow dapat membantu:

  • Melacak cash flow untuk tetap on track.
  • Merencanakan sebuah permasalahan yang kemungkinan bisa terjadi pada cash flow
  • Meningkatkan surplus kas bisnis
  • Membantu dalam membuat keputusan yang lebih baik dan proaktif.

Data analytics dapat membantu menemukan pola dalam data keuangan, baik digunakan untuk melihat hasil aktual (saat ini) maupun sebuah prediksi mendatang. Analytics akan memperoleh sebuah hasil dari komputasi matematika dan pemodelan menggunakan AI dan ML ke tingkat lebih lanjut. Sehingga, nantinya dapat memberikan sebuah visualisasi canggih dan memungkinkan kita memahami pola cash flow dengan baik. 

Cash flow yang buruk akan berakibatkan kerugian yang besar untuk bisnis, misalnya jika bisnis menerima piutang terus-menerus nantinya berdampak pada arus kas bisnis. Agar krisis cash flow terhindari, maka AI membantu mencegah serta meningkatkan pertumbuhan dan pengembalian perusahaan berdasarkan prediksi cash flow.

Baca juga: Rumus Excel Dasar Untuk Profesi Financial Analyst

Untuk memahami cara prediksi cash flow dengan menggunakan AI dengan benar, kamu bisa belajar di DQLab.id lho. DQLab merupakan kursus online Data Science dan menyediakan program belajar cocok untuk pemula melalui DQLab LiveClass yang bisa membantu kamu belajar lebih dalam & praktik langsung bersama dengan praktisi data profesional di Industri. Informasi lebih lanjut dapat klik pada tautan https://dqlab.id/live-class . Yuk, mulai belajar data karena data untuk semua!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE