LogoDIGINATION LOGO

7 Ide Side Hustle Modal Internet

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 15 Mei 2023 | 15:54 WIB
Share
Share

 

Semakin dewasa pasti kamu akan merasa jika pengeluaran mu semakin banyak. Entah untuk biaya hidupmu sendiri, biaya nikah atau untuk membantu orang tua yang sudah pensiun. Jika hanya mengandalkan uang dari gaji pokok saja mungkin tidak akan cukup, oleh karena itu side hustle wajib banget kamu lakukan untuk dapat memenuhi semuanya.

Berikut beberapa ide side hustle atau penghasilan tambahan hanya modal internet :

Dropship

Ide pertama, kamu dapat memulai toko online tanpa perlu menyimpan stok barang. Kamu bisa bekerjasama dengan supplier atau produsen. Ketika ada pesanan masuk, mereka akan mengirimkan barang langsung kepada pelanggan, jadi kamu tidak perlu memikirkan proses packing dan pengiriman. Kamu hanya bertanggung jawab atas pemasaran dan layanan pelanggan sehingga kamu masih bisa fokus kepada pekerjaan utamamu.

Affiliate Marketing

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur affiliate dari berbagai toko online. Kamu dapat mendaftar sebagai afiliasi untuk produk atau layanan yang sesuai dengan minat kamu. Promosikan produk tersebut melalui situs web, blog, media sosial, atau saluran online lainnya. Ketika seseorang membeli melalui tautan afiliasi kamu, kamu akan mendapatkan komisi. 

Baca juga : Cara Hemat Ketika Liburan di High Seasons

Content Writing

Jika kamu memiliki keterampilan menulis yang baik, kamu dapat menawarkan jasa penulisan konten kepada perusahaan atau individu. Kamu bisa menulis artikel blog, konten media sosial, konten pemasaran, atau bahkan ebook.

Social Media Management

Jika kamu suka main Instagram, TikTok, atau media sosial lainnya, kamu dapat menambah penghasilan dengan menjadi social media management. Seorang social media management adalah mengelola akun, mengunggah konten, serta berinteraksi dengan konsumen melalui DM dan komen. Kemampuan copywriting dan digital marketing juga kerap kali menjadi persyaratan seorang social media manager.

YouTube atau podcasting

Jika kamu suka berbicara di depan kamera atau mikrofon, kamu dapat memulai saluran YouTube atau podcast. Kamu bisa menghasilkan uang melalui iklan, atau sponsor. Konsistensi dan konten yang berkualitas akan menjadi kunci kesuksesan di platform ini.

Baca juga : Belajar Coding Pakai ChatGPT? Ini Penjelasannya

Kursus online

Kamu seorang guru atau dosen? Jika kamu memiliki keterampilan kamu bisa membuat kursus online untuk menambah penghasilanmu. Saat ini banyak platform yang membuka kesempatan kamu untuk mengajar secara online, cara ini juga tidak akan mem.

Konsultan online

Jika kamu memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu, seperti digital marketing, manajemen keuangan, desain grafis, atau web developer, kamu bisa menjadi konsultan online. Bantu klien kamu untuk menyelesaikan masalah mereka melalui sesi konsultasi atau kerja proyek jarak jauh.

Ingatlah bahwa kesuksesan dalam side hustle membutuhkan, konsistensi, dan kerja keras. Pilihlah ide yang sesuai dengan minat dan keterampilan kamu, yuk mulai tambah penghasilan!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE