LogoDIGINATION LOGO

Belajar Coding Pakai ChatGPT? Ini Penjelasannya

author Oleh DQLab Rabu, 10 Mei 2023 | 13:32 WIB
Share
Share

 

Belajar coding menjadi trend baru dalam bisnis yang bisa memberikan banyak keuntungan mulai dari menjaga keamanan bisnis hingga membantu tim marketing membuat sebuah campaign yang sukses sekalipun. Namun, bagi orang awam tentu akan sedikit bingung dan perlu roadmap belajar coding terutama kamu yang gemar belajar dengan metode self-learning. 

Adanya teknologi yang semakin canggih, adapun cara terbaru untuk kamu belajar coding dan sebagai solusi dari programming yaitu menggunakan ChatGPT. ChatGPT adalah teknologi deep learning yang sangat cerdas dan sangat berguna untuk banyak hal, mulai dari memberikan informasi/insight dan menjadi tools yang bisa kamu gunakan untuk belajar coding. Pada artikel yang dilansir oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara, akan membahas kegunaan ChatGPT untuk coding. Yuk, simak artikel berikut!

Kegunaan ChatGPT untuk Coding

ChatGPT dapat memberikan cuplikan kode, sampel kode, dan bahasa coding yang bisa kamu copy-paste. Melalui ChatGPT ini berpotensi menghemat waktu dalam membuat coding serta memberikan sebuah jawaban untuk pemrograman yang sederhana. Meskipun demikian, ChatGPT juga tidak sepenuhnya menggantikan kita ya karena dari ChatGPT hanya memberikan solusi secara cepat dibandingkan diinput secara manual.

Baca Juga: Tata Cara Menggunakan AI Chat GPT Anti Ribet!

Mengetahui ChatGPT bisa digunakan untuk programing atau belajar coding, adapun beberapa limitasi yang perlu diperhatikan yaitu diantaranya:

  1. Kurang mumpuni coding yang kompleks, hal ini karena pada dasarnya ChatGPT didesain hanya untuk menangani percakapan chat yang mudah dan sederhana. Selain itu juga, respon dalam analisa dan informasi yang diberikan oleh ChatGPT tidak sekritis layaknya manusia.
  2. Kurangnya emotional intelligence, limitasi lainnya dari ChatGPT adalah kecerdasan emosionalnya. Meskipun dapat memahami konteks dalam teks, ChatGPT tidak dapat merespons dengan cara yang empati.
  3. Ketidakmampuan untuk belajar dari pengalaman, meskipun ChatGPT dapat belajar dari percakapan sebelumnya namun ia tidak mampu belajar dari pengalaman (seperti feedback dari user atau perubahan perilaku). Sehingga, limitasi dari ChatGPT tidak mampu beradaptasi pada situasi atau trend baru.

Bagaimana Cara ChatGPT membantu Belajar Coding?

  1. Tuliskan Pertanyaan atau Request yang Lebih Spesifik, penting untuk putuskan apa yang ingin kamu pelajari dan dimasukkan ke dalam coding. Pastikan request atau pertanyaan sesuai dengan kebutuhanmu untuk dapat mengerjakan coding. 
  2. Memberikan insight dalam coding, melalui ChatGPT dapat memungkinkan kamu untuk menyesuaikan coding dengan kebutuhan dan preferensi pribadi.
  3. ChatGPT untuk Explore Belajar Coding,  dengan adanya kekuatan AI dapat membantu menemukan kesalahan dalam coding serta kamu dapat bertanya ke ChatGPT seputar library yang bisa digunakan untuk belajar coding.

Belajar Coding di era digital menjadi titik awal yang bagus bagi kamu untuk mendapatkan insight baru bagi bisnis yang lebih efisien serta membantu pekerjaan bisnis berdasarkan pembelajaran canggih Artificial Intelligence. 

Baca Juga: 3 Cara Data Science Dapat Membantu Bisnis

Kenali pembelajaran AI dan Machine Learning untuk bisnis bersama DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang menggunakan metode HERO, yang dirancang ramah untuk pemula serta memberikan pengalaman belajar yang lebih praktis dan berorientasi pada hasil. Coba gratis bergabung belajar Data Science di DQLab atau klik tautan https://dqlab.id/ .

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB