LogoDIGINATION LOGO

Mengenal Konten Viral untuk Engagement Bisnis!

author Oleh DQLab Jumat, 14 April 2023 | 15:16 WIB
Share
Share

Konten adalah salah satu strategi marketing yang digunakan untuk melibatkan, menarik, dan membuat pelanggan (penonton) membagikan konten tersebut ke beberapa media lainnya. Hal ini bisa dikatakan sebagai pendekatan dalam membangun awareness serta engagement antara produk bisnis dengan pelanggan agar mereka dapat mengingat produk dan mengingat kapan mereka harus membeli produk tersebut.

Di era digital ini, konten menjadi trik promosi yang penting dan bukan menjadi rahasia publik. Namun, ada taktik yang bisa kamu implementasikan pada bisnis agar bisa meningkatkan audiens dan engagement yaitu konten viral marketing. Dalam postingan artikel ini, DQLab Universitas Multimedia Nusantara akan memperkenalkan konten viral yang biasa digunakan dalam digital marketing 2023. Yuk simak artikel berikut!

Mengenal Konten Viral Marketing

Sesuai dengan namanya, konten viral dapat didefinisikan sebagai konten yang menyebar secara cepat dan luas di Internet. Konten viral menjadi cara yang tepat agar dapat dilihat oleh banyak orang di media sosial tanpa membayar iklan dengan jumlah yang besar. Untuk bisa membuat konten viral, maka hal utama yang perlu diketahui yaitu kita bisa membuat konten yang valuable, dapat menghibur audiens, serta dapat memikat audiens sampai mereka membagikan konten tersebut ke orang lain di media sosial.

Perlu diketahui, melalui konten viral objektifnya tidak langsung pada ‘pembelian’ melainkan untuk membuat para audiens memahami bisnis yang sedang kita jalankan dan pada akhirnya memungkinkan audiens tersebut menjadi pelanggan kita. Konten viral sendiri beragam jenisnya bisa melalui gambar, video, tulisan berupa blog, atau bahkan tagline yang mudah diingat.

Baca juga : 4 Alasan Data Science Penting untuk Keputusan Bisnis

Sejujurnya, tidak ada jaminan konten seperti apa yang akan bisa menjadi viral di media sosial. Namun, kamu dapat melakukan berbagai hal di bawah untuk memaksimalkan peluang menjalankan promosi bisnis.

 

  • Pahami Situasi dan Audiens

 

Penting untuk memahami situasi dan audiens ketika ingin membuat sebuah konten viral, jika kamu belum melakukannya maka tentukan target audiens bisnis kamu. Target audiens ini menjadi sebuah kelompok orang yang memungkinkan tertarik dengan merek atau produk bisnis, kemudian mengikuti seluruh kegiatan kampanye digital marketing bisnismu hingga membuat mereka mulai berinteraksi. Selain audiens, situasi yang ada dan sedang terjadi di media sosial juga sangatlah penting untuk dipelajari karena ini akan mempengaruhi engagement terhadap konten yang telah di upload.

 

  • Quality over Quantity

 

Untuk meningkatkan peluang konten menjadi viral, silahkan investasikan semua ide dan bentuk konten yang berkualitas. Hindarilah unggahan konten yang terlalu banyak dalam satu waktu, karena dengan mengunggah konten terlalu banyak akan membuat audiens kewalahan serta sedikitnya engagement rate. Adapun rekomendasi unggahan konten yang bisa kamu lakukan di semua media sosial yaitu 1-3 konten dalam seharinya.

 

  • Gunakan Pendekatan Emosional

 

Menciptakan sebuah komunitas di bisnis, tentu membutuhkan hubungan secara emosional dengan audiens. Apakah konten ini dapat menarik hari mereka sampai mereka tersedih? Apakah konten ini dapat menghibur mereka hingga tertawa dan membagikan konten tersebut kepada orang lain?. Dengan terhubungnya emosional yang dikaitkan dengan brand, ini juga menjadi trik konten untuk membantu menjadi viral di media sosial.

Baca juga: Role Big Data dalam Digital Marketing, Apa Saja ya Manfaatnya?

 

  • Riset & Pertimbangkan Tren Terkini

 

Tentu sebelum membuat konten perlu melakukan riset, apakah konten ini relevan atau tidak? apakah konten ini membantu meningkatkan engagement bisnis atau tidak?. Tidak hanya itu, mengikuti tren terkini juga bisa kamu jadikan momen viral kamu. Namun pertimbangkan kembali tren-tren yang ada, jangan semua tren kamu ikuti begitu saja karena hal ini bisa berdampak pada bisnis.

Bagaimana, apakah kamu sudah siap membuat konten viral 2023? Tak perlu khawatir jika konten tidak langsung viral, kamu dapat mengoptimalkan strategi konten dan memperluasnya untuk jangka panjang. 

Selain konten viral, di digital marketing menggunakan Data Science sebagai strategi bisnis untuk jangka panjang. DQLab menjadi kursus online Data Science yang bisa kamu ikuti dan ilmunya dapat kamu implementasikan secara langsung. Yuk, coba belajar data gratis di DQLab atau ikuti DQLab AI Competition untuk asah skill data science kamu pada kecerdasan buatan, klik tautan https://dqlab.id/registrasi-dqlab-ai-competition untuk info lebih lanjut. 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB