LogoDIGINATION LOGO

Kiat Bisnis Sukses Jelang Lebaran dengan Big Data

author Oleh DQLab Rabu, 5 April 2023 | 10:53 WIB
Share
Share

 

Menyambut hari Raya Idul Fitri memang menjadi sebuah momen yang dimanfaatkan oleh semua orang terutama peluang berbisnis. Ide bisnis menjelang lebaran menjadi semakin banyak karena daya beli masyarakat yang cenderung tinggi. Sehingga, dengan adanya momen ini banyak orang mulai memulai usaha dan bisnis yang menguntungkan.

Di era digital, beberapa dari masyarakat akan membeli kebutuhan lebarannya dengan berbelanja secara online. Hal ini bisa menjadi peluang bagi pebisnis untuk menjual produk mereka dengan menggunakan Big Data. Mengapa demikian? dengan menggunakan atau mengimplementasikan Big Data, maka kemungkinan besar pelanggan akan membeli produk kamu berdasarkan analitik data dan kemudian hasil analitik tersebut menjadi ide bisnis yang bisa dipertimbangkan. 

DQLab Universitas Multimedia Nusantara memberikan kiat bisnis gunakan Big data menjelas lebaran, yuk simak artikelnya!

Rekomendasi Tren Outfit Lebaran & Perlengkapan Ibadah

Dalam dunia bisnis, Machine Learning dan Artificial Intelligence sudah banyak digunakan dalam sistem rekomendasi produk. Hal ini karena pada sistem tersebut akan memberikan sebuah rekomendasi produk atau informasi yang relevan sesuai dengan keyword atau halaman yang kamu telah kunjungi pelanggan berdasarkan metode analisis data.

Bagi kamu yang gemar berbelanja di e-Commerce atau aplikasi belanja lainnya, pasti akan muncul ‘rekomendasi produk’ atau ‘produk serupa’. Adanya rekomendasi produk tersebut membantu pelanggan dapat menemukan kebutuhan mereka, misalnya seperti outfit lebaran atau perlengkapan ibadah shalat. 

Dengan ilmu Machine Learning, maka akan memberikan beberapa pilihan-pilihan (prediksi) pakaian lebaran maupun perlengkapan ibadah shalat terbaru dan yang lagi nge-trend .

Baca juga: Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis

Untuk pelanggan yang mungkin kesulitan mencari keyword atau kalimat apa yang mereka inginkan di search, pencarian visual dengan kemampuan AI bisa membantu kebutuhan pelanggan. Dengan mengunggah foto, maka akan menampilkan item dari katalog produk yang cocok dan sesuai keinginan pelanggan.

Bisnis Kue Lebaran

Kue lebaran merupakan esensial yang tak kalah penting, karena biasanya banyak dari masyarakat membeli kue lebaran untuk bisa disajikan diruang tamu atau dikirimkan ke saudara dan kerabat terdekatnya. Tidak harus mengambil kelas masak terlebih dahulu sebelum berbisnis kue lebaran, kamu bisa lho gunakan ChatGPT untuk membantu bisnis kue lebaran.

ChatGPT merupakan fitur Chatbot berbasis Artificial Intelligence yang digunakan berinteraksi melalui percakapan layaknya manusia. Menggunakan ChatGPT, akan membantumu ide kue lebaran beserta resepnya. 

Kamu hanya tinggal ketik keyword atau kalimat yang ingin kamu sampaikan dan nantinya ChatGPT akan langsung membalas. Misalnya seperti resep kue nastar lebaran, ketika nanti di enter kemudian ChatGPT langsung memberikan sebuah instruksi lengkap beserta bahan-bahan yang perlu disiapkan.

Bisnis Hampers Lebaran

Sebagai pebisnis, tentu harus mengambil peluang-peluang baru yang ada kedepannya apalagi beberapa hari lagi memasuki hari Raya Idul Fitri 2023. Adapun cara mudah untuk mengambil peluang baru tersebut, tidak hanya menggunakan ChatGPT untuk bisnis kue lebaran. ChatGPT juga bisa bisa membantu ide bisnis lainnya yaitu bisnis hampers lebaran. 

Baca juga: Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

Meskipun sudah banyak pebisnis lain yang membuka jasa pembuatan hampers, namun dengan menggunakan ChatGPT kamu mendapatkan ide hampers lain yang menarik lho, mulai dari hampers untuk keluarga, kerabat, hingga hampers untuk kantor sekalipun. Kamu hanya tinggal mengetik ‘ide hampers untuk lebaran’, kemudian ChatGPT akan memberikan beberapa ide yang bisa kamu coba.

Bagaimana sudah siap untuk membuat peluang bisnis baru dengan Big Data dan ilmu Data Science lainnya? DQLab menjadi platform edukasi online yang bisa kamu coba untuk mulai belajar Data Science dan kini belajar di DQLab sudah ada fitur ChatGPT lho! 

Yuk, mulai nikmati belajar praktis dan aplikatif serta aplikasikan ilmunya untuk bisnis! Informasi lebih lanjut dapat klik tautan berikut https://dqlab.id/coba-fitur-chatgpt-di-semua-module-dqlab-gratis 

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB