LogoDIGINATION LOGO

Begini Kebiasaan Belanja Millenials

Oleh Desy Yuliastuti Jumat, 9 Februari 2018 | 09:10 WIB
Share
Belanja melalui e-commerce kini menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, termasuk generasi milenial
Share

Belanja melalui e-commerce kini menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia, termasuk generasi milenial. Tingginya minat belanja online juga menjadikan generasi milenial sebagai sasaran utama bagi produsen beragam produk, karena dianggap potensial dalam meningkatkan bisnis.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), populasi generasi milenial mencapai 32% dari total keseluruhan populasi. Jumlah ini diprediksi akan terus meningkat hingga menjadi 50–60 persen di tahun 2020 mendatang, menurut Yoris Sebastian dari OMG Consulting.

Hasil riset yang dilakukan Shopee baru-baru ini juga menemukan fakta, mayoritas pengguna platform Shopee berasal dari kalangan milenial. Rezki Yanuar, Brand Manager Shopee Indonesia berpendapat, generasi milenial semakin penting dan efektif untuk terlibat untuk menumbuhkan e-commerce di Indonesia.

“Lebih dari 70% penjual kami berusia di bawah 30 tahun. Bahkan, jumlah pengguna milenial meningkat hingga 5 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan generasi milenial sebagai pembawa perubahan bagi dunia digital dan merupakan salah satu penggerak utama di industri e-commerce,” papar Rezki dalam siaran persnya pada Jumat (9/2).

Melihat kebiasaan berbelanja online, Shopee memerinci beberapa perilaku belanja online dari para milenial di platform-nya sebagai berikut.

  1. Metode pembayaran paling favorit dilakukan melalui ATM/Transfer bank
  2. Transaksi paling banyak dilakukan setiap hari Senin di tanggal muda
  3. Waktu akses tertinggi terjadi pukul 11.00 –14.00 dan 18.00 –19.00
  4. Jumlah live-chat meningkat 80% di jam aktif
  5. Top kategori didominasi fashion wanita, perawatan dan kecantikan, serta fashion muslim
  6. Kategori paling meningkat antara lain tas pria, otomotif, dan elektronik

Pengaruh milenial ini juga sejalan dengan peningkatan penetrasi internet dan akses melalui smartphone di Indonesia. Hingga akhir Oktober 2017, 95% akses Shopee dilakukan melalui aplikasi mobile. Menurut data McKinsey tahun 2017, Indonesia disinyalir akan menjadi negara e-commerce terbesar ketiga di dunia.

Baca Juga: 3 Tipe Pembeli yang Bikin Geregetan Online Shop. Kamu Termasuk yang Mana?

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE

Mudahnya Berbisnis di Uni Eropa Lewat Estonia...

Era digital yang semakin terbuka tanpa memandang batas membuat peluang berbisnis juga ikut terbuka lebar. Salah satunya melalui program asal Estonia ini. Yuk, cari tahu lebih lengkap!

Selasa, 18 Juni 2019 | 08:15 WIB

Memata-matai Karyawan, Boleh Nggak Sih?

Penting mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan tenaga kerja Anda, namun banyak karyawan menolak untuk dipantau. Tetapi jika pemantauan dilakukan dengan benar, karyawanlah yang mendapat manfaatnya

Sabtu, 15 Juni 2019 | 09:30 WIB