LogoDIGINATION LOGO

Blockchain Data Science, Tingkatkan Kepercayaan & Peluang Baru Bisnis

author Oleh DQLab Rabu, 22 Februari 2023 | 14:15 WIB
Share
Share

Dunia finansial dan ekonomi pasti tidak asing dengan cryptocurrency. Cryptocurrency sendiri merupakan mata uang digital yang digunakan untuk transaksi antarpengguna tanpa melewati pihak ketiga. Berbicara tentang crypto, teknologi dibaliknya juga ikut menjadi perbincangan, yakni Blockchain.

Blockchain merupakan teknologi yang memberikan nilai bagi crypto. Teknologi ini memiliki banyak jenis, seperti EOS, Ethereum, Vexanium, Tron, dan sebagainya. Banyak orang yang mulai memahami Blockchain sebagai salah satu cara untuk membantu menyelesaikan masalah dalam dunia finansial dan ekonomi. Blockchain dalam bidang Data Science dapat membantu meningkatkan outcome dan menjamin data yang dikumpulkan. Dengan begitu, kepercayaan dan peluang bisnis baru juga bisa terjadi.

Mengenal Teknologi Blockchain

Blockchain tidak hanya berhubungan dengan cryptocurrency saja akan tetapi memiliki arti yang lebih luas lagi. Blockchain merupakan teknologi dengan bentuk buku besar yang memberikan fasilitas proses pencatatan transaksi serta melacak aset dalam jaringan bisnis. Aset tersebut dapat berupa rumah, mobil, tanah, uang tunah (berwujud) atau berbentuk tidak berwujud, seperti hak cipta, kekayaan intelektual hingga branding.

Dengan memanfaatkan Blockchain, hampir semua barang berharga dapat dilacak dan diperdagangkan dengan mengurasi resiko serta memotong biaya. Oleh karena itu, Blockchain dapat digunakan menjadi alat pencatatan aset yang konsisten sehingga dapat menjadi data, kemudian diolah untuk menghasilkan informasi serta insight baru.

Baca juga: Pahami Macam-macam Teknologi Pendukung Big Data

Blockchain dan Data Science

Setelah mengenal teknologi Blockchain, kita akan mengetahui hubungan dan manfaatnya bagi data science. Data science merupakan ilmu yang berfungsi untuk membuat data menjadi bermanfaat, termasuk menghasilkan insight relevan, pemecahan masalah, dan sebagainya. Sedangkan Blockchain, menjadi teknologi yang dimanfaatkan untuk mensertifikasi dan menyimpan data.

Dengan begitu, Bisnis bisa menggunakan Blockchain untuk memastikan atau memfasilitasi data, kemudian data science sebagai cara menggunakan data yang telah tervalidasi dengan tujuan menghasilkan informasi bermanfaat bagi suatu bisnis.

Blockchain dan data science yang saling berkaitan akan membantu untuk memastikan kualitas serta akurasi data yang tinggi, mempermudah tracking data, dan menjamin kepercayaan.

Manfaat Blockchain bagi Bisnis

Ada beberapa manfaat blockchain bagi bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan peluang.

Pertama, membagi catatan secara aman. Setiap bisnis pasti memiliki catatan yang berisi data simpanan maupun transfer keuangan. Dengan memanfaatkan Blockchain, bisnis dapat melakukan hal tersebut secara lebih aman dan dilengkapi jaringan enkripsi yang kuat. Selain aman, manfaat ini menjadi solusi paling hemat untuk menyimpan data.

Kedua, manajemen rantai pasok. Blockchain dapat membantu memecahkan masalah manajemen rantai pasok dengan cara memaksimalkan transparansi dan efisiensi dalam proses pembayaran. 

Ketiga, meminimalkan masalah terkait kontrak bisnis. Penggunaan Blockchain dapat membuat adanya pembayaran otomatis antara kedua belah pihak yang melakukan bisnis dengan kontrak pintar.

Baca juga: Penerapan Algoritma Machine Learning Pada Perusahaan Fintech

Blockchain menjadi teknologi pendukung data science dan big data. Big data mampu menampung dan merekam berbagai aktivitas transaksi dalam skala besar. Dengan adanya blockchain maka permintaan akan big data juga akan semakin besar. Sedangkan big data mampu diolah dengan penerapan ilmu data science.

DQLab sebagai pelatihan Data Science berbahasa Indonesia, siap membantu kamu untuk mempelajari berbagai teknologi di bidang data dan ilmu data science. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB