LogoDIGINATION LOGO

Aplikasi PeduliLindungi Bakal Berubah Nama jadi SatuSehat

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 20 Februari 2023 | 16:11 WIB
Share
Share

 

Aplikasi "PeduliLindungi" yang selama ini telah membantu kita melacak penyebaran Covid-19, dikabarkan akan berganti nama diperluas fungsinya akhir bulan ini. 

Bila sesuai target, maka per 28 Februari 2023, aplikasi PeduliLindungi akan berganti nama dan fungsi menjadi aplikasi SatuSehat Mobile. 

"Kami sedang transisi PeduliLindungi menjadi SatuSehat. Kami akan meluncurkan, mudah-mudahan, akhir 28 Februari kami akan meluncurkan menjadi Satu Sehat Mobile," kata Setiaji Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca juga : Kemenkes Siapkan Trainer SATUSEHAT Jelang Penerapan RME Secara Nasional Tahun 2023

Kemenkes mengimbau, masyarakat tidak perlu menghapus atau uninstall PeduliLindungi, meski aplikasi ini berganti nama dan fungsi. 

Nantinya, aplikasi ini akan menyediakan dan menyimpan hampir seluruh rekam medis pengguna. Tidak hanya yang berkaitan dengan Covid-19, aplikasi Satu Sehat nanti termasuk berbagai rekam vaksinasi, hasil pemeriksaan laboratorium, hingga basis data stunting. 

Aplikasi SatuSehat merupakan upaya menyederhanakan aplikasi kesehatan yang ada saat ini. Nantinya, platform ini akan memudahkan masyarakat dan tenaga medis perihal penyimpanan dan pertukaran data kesehatan lebih efektif dan efisien. 

Baca juga : Kemenkes Pastikan 111 Laboratorium Siap Terintegrasi di Tahun 2023

Selain rekam medis, SatuSehat terintegrasi dengan apotek hingga rumah sakit di berbagai daerah serta PeduliLindungi. 

Menkes memiliki target untuk menyatukan 32 rumah sakit daerah, puskesmas, laboratorium, dan apotek untuk terintegrasi di akhir tahun 2023. Dengan aplikasi SatuSehat, pertukaran data kesehatan nasional akan lebih efisien dan efektif. 

Setelah peluncuran platform ini diharapkan akan terbit aturan yang mewajibkan setiap aplikasi kesehatan dan fasilitas layanan kesehatan mengikuti standar yang telah ditetapkan Kemenkes di platform SATUSEHAT. Kemenkes juga berencana mengintegrasikan SATUSEHAT dengan BPJS Kesehatan.

Melalui platform ini, masyarakat tidak perlu lagi membawa berkas rekam medis fisik bila harus berpindah rumah sakit. Sebab, semua resume rekam medis pasien telah terekam secara digital di platform SatuSehat.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE