LogoDIGINATION LOGO

Talenta Data Semakin Dicari, Ini Alasan Data Science Penting untuk Karir!

author Oleh DQLab Jumat, 3 Februari 2023 | 11:04 WIB
Share
Share

 

Pertumbuhan data di era teknologi seperti sekarang mendorong peningkatan jumlah sumber daya manusia untuk mengolah data tersebut. Banyak perusahaan yang membutuhkan praktisi data untuk membantu proses pengolahan hingga analisa data dengan tujuan menghasilkan insight baru. 

Saat ini, jumlah sumber daya manusia yang ada nyatanya belum mencukupi angka kebutuhan praktisi data di sejumlah perusahaan. Tak heran, jika perusahaan rela membayar praktisi data dengan bayaran yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, ini menjadi kesempatan emas bagi kamu yang ingin berkecimpung di industri data.

Untuk memasuki industri ini, data science menjadi kunci utama yang perlu untuk kamu pelajari dan pahami. Dengan menguasai ilmu ini, kamu bisa menggeluti variasi karir bidang data yang menjanjikan. Melalui artikel ini, DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah merangkum beberapa alasan mengapa data science penting untuk perjalanan karirmu.

Dibutuhkan Berbagai Sektor Industri 

Penerapan data science dapat dilakukan di berbagai sektor industri seperti perusahaan yang bergerak di bidang retail, kesehatan, perbankan, kecantikan, dan lainnya. Data science penting, karena data sangat diperlukan oleh berbagai jenis bisnis, baik dengan skala besar maupun skala kecil.

Bila suatu bisnis atau perusahaan tidak bisa mengolah data secara baik dan tepat, maka bisnis tersebut tidak memiliki suatu pedoman untuk melakukan strategi yang efisien serta efektif. Untuk itu, jika suatu bisnis maupun perusahaan ingin berkompetensi dan tetap relevan di pasar, maka harus bisa menerapkan data science secara optimal.

Baca juga : Tips Belajar Data Science Secara Otodidak untuk Pemula!

Ilmu yang Terbuka Bagi Siapa Saja

Seiring berjalannya waktu, latar belakang pendidikan rasanya tidak menjadi penentu profesi apa yang akan kamu kerjakan. Sama halnya dalam dunia data science. Banyak orang beranggapan, data science hanyalah tempat bagi mereka yang memiliki background pendidikan IT saja. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu, siapa pun dengan beragam latar pendidikan, memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berkarir di industri data.

Pada dasarnya data science adalah ilmu yang mempelajari mengolah data mentah dengan menggunakan multidisiplin ilmu, seperti matematika, statistika, dan komputer. Ilmu ini menjadi penting untuk dipelajari, terlebih di era transformasi digital seperti sekarang. Menariknya, meskipun data science termasuk eksakta, data science dapat dipelajari oleh siapa pun dari beragam jenis latar belakang pendidikan

Karir yang Menjanjikan

Menjadi ilmu utama berbagai profesi data, data science mampu memberikan karir yang menjanjikan di era teknologi dan serba data seperti sekarang. Karir sebagai praktisi data tidak hanya bisa digeluti oleh mereka dengan background IT saja, melainkan bisa juga digeluti oleh NON IT. Banyak profesi data seperti data scientist, data analyst, data engineer, campaign analyst, business analyst, business intelligence, dan sebagainya yang tengah membuka peluang besar untuk karir di bidang data science.

Non IT maupun IT bisa memperdalam pengetahuan dan skill data science melalui pelatihan, workshop, webinar hingga bootcamp untuk mempersiapkan diri berkarir di bidang data. Sekarang juga banyak webinar dan workshop yang berkaitan dengan data science dan profesi data yang bisa kamu ikuti secara gratis maupun berbayar. 

Di Indonesia sendiri, peluang karir di bidang data sangat meningkat dan diperlukan oleh berbagai sektor industri termasuk pemerintahan. Jenjang karir yang luas dan gaji yang besar dapat kamu geluti sesuai dengan pengalaman dan skill yang ada.

Baca juga : Siapkan Dirimu, Ini Pentingnya Data Science di 2023

Penting untuk Menghadapi Tren Masa Depan

Perkembangan digital yang sangat pesat menyebabkan data menjadi bahan bakar utama pertumbuhan setiap sektor industri. Ilmu data science nyatanya merupakan solusi untuk mengimbangi pertumbuhan tersebut agar data dapat diolah secara tepat dan akurat. Data science bisa diterapkan hampir di segala bidang seperti perusahaan yang bergerak di bidang retail, jasa, lembaga pemerintahan, keuangan dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, penerapan data memberikan banyak manfaat, termasuk bekal bagi perusahaan untuk menghadapi tren di masa depan

DQLab merupakan pelatihan Data Science yang bisa membantu kamu untuk mempersiapkan karir di bidang data. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB