LogoDIGINATION LOGO

RANS Siap Go Public, Begini Model Bisnis RANS Hingga Berani IPO

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 25 Januari 2023 | 16:13 WIB
Share
Share

 

Pasangan Artis dan pebisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tengah mempersiapkan perusahaan miliknya, RANS Entertainment, untuk menggelar initial public offering (IPO). 

Perusahaan yang bergerak di bidang digital creative ini pun diklaim saat ini sudah memiliki nilai valuasi Rp 3 triliun.  

“Kamu percaya gak sekarang RANS itu valuasinya sudah Rp 3 triliun loh, hebat,” ujar Raffi dalam YouTube Noice. 

Raffi dan Nagita pun seakan terkejut jika kerajaan bisnis yang bermula dari garasi dan berawal dari tiga orang ini sudah menjadi perusahaan besar yang siap IPO. 

"Aku masih ingat banget, anak-anak kantor dulu cuma di garasi rumah, cuma pakai meja dan kipas angin. Kalau aku lewat banyak yang kepanasan," ujar Nagita Slavina yang akrab disapa Gigi.

Baca juga : UKM Go IPO, Ini yang Harus Disiapkan!

Perlahan, usaha Raffi dan Gigi mulai membuahkan hasil. Pertanyaannya saat ini, bagaimana model bisnis RANS Entertainment hingga berani mengambil langkah strategis untuk IPO?

Dikutip dari Katadata, berdasarkan SocialBlade pendapatan dari kanal Youtube RANS diperkirakan mencapai Rp 289,9 juta - Rp 4,6 Miliar setiap bulan. 

Per 25 Januari 2023 tercatat, kanal Youtube RANS Entertainment memiliki 24,7 juta subscriber, sementara di media sosial Instagram, akun @Raffinagita1717 memiliki 66,7 juta followers, @Rans. entertainment 3,1 juta followers dan di akun TikTok 338,2 ribu followers.

RANS Entertainment sendiri memfokuskan bisnisnya pada media hiburan di platform media sosial, agensi digital, event offline, komunitas, serta kerjasama branding.

Meski demikian saat ini RANS Entertainment tidak lagi mengandalkan channel Youtube sebagai sumber utama meraup cuan. 

Lini bisnis lain yang ia geluti juga seperti sportainment di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK). Dalam kawasan tersebut, RANS Entertainment mengelola lapangan yang juga bisa dijadikan tempat latihan tim basket dan sepakbola RANS. Masih di kawasan yang sama, ada city zoo di PIK 2 dengan luas 2,6 hektar. 

"Itu yang sedang kami kembangkan sekarang. Ada digital, life shopping, e-sport dan lifestyle," jelas Raffi.

Bisnis itu pula yang membuat RANS Entertainment saat ini mampu mencetak keuntungan hingga mampu menarik investor strategis. 

Baca juga : Ini Pelajaran Strategi Pemasaran dari Starbucks Kaleng

Kerajaan bisnis lainnya yang menaungi RANS Entertainment yaitu RANS Music, RA Picture, RANS Animation, RANS E-sport dan RANS Beauty.

Raffi pun menjalin kemitraan dengan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) melalui PT Indonesia Entertainment Group (IEG) sejak 26 Oktober 2021 lalu. IEG merupakan anak usaha dari PT Surya Citra Media Tbk (SCMA).

Ia pun menakuisisi klub sepak bola liga 2 Cilegon FC pada 31 Maret 2021 dan berganti nama menjadi RANS Cilegon FC. Pada 31 Mei 2022 mengubah nama menjadi RANS Nusantara FC.

RANS juga menjadi investor aplikasi konten audio yakni Noice milik PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) pada Februari 2022 dengan nilai Rp 35,75 miliar.

Perusahaan yang telah berdiri sejak 2017 ini telah memiliki sebanyak 200 karyawan. Secara struktural, RANS Entertainment dipimpin Nagita Slavina sebagai CEO atau founder dan Raffi Ahmad sebagai founder. Lalu sejak tahun 2021, Kaesang Pangarep menjadi komisaris dan Sutanto Hartono sebagai executive chairman dari RANS Entertainment.

 

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB