LogoDIGINATION LOGO

Tren Data Democratization, Excel Jadi Skill Wajib Tahun 2023?

author Oleh DQLab Jumat, 20 Januari 2023 | 11:22 WIB
Share
Share

 

Pada tahun 2023, bisnis akan lebih mengetahui bahwa data menjadi  kunci untuk memahami pelanggan, mengembangkan produk dan layanan yang lebih baik, serta cara mengurangi biaya. Tentunya untuk mendukung setiap bagian perusahaan melakukan proses berdasarkan data, diperlukan skill yang mumpuni.

Skill data di tahun 2023 bukan hanya digunakan oleh data analyst, data engineer atau praktisi data, namun setiap bagian termasuk frontliner hingga staf nonteknikal. Hal ini disebut data democratization. Tren ini membantu pekerjaan setiap posisi maupun divisi dalam bisnis agar lebih efektif dan efisien. 

Salah satu skill data yang kerap digunakan dalam pekerjaan adalah Excel. Memiliki fungsi yang beragam menyebabkan software satu ini banyak dimanfaatkan bukan hanya oleh praktisi data, namun juga bagian lainnya. Jangan salah, banyak lowongan kerja yang memasukkan excel ke dalam persyaratannya. 

2023 Jadi Tahun Serba Data

Sama halnya dengan tahun sebelumnya, 2023 menjadi tahun yang semakin dipenuhi oleh data. Banyaknya penggunaan media sosial, e-commerce, financial technology, aplikasi streaming hingga kemunculan metaverse mengakibatkan data menjadi kunci utama dalam menjalankan bisnis.

Perkembangan teknologi yang pesat menghasilkan jumlah data yang sangat besar di setiap waktu. Untuk itu diperlukan berbagai skill untuk menunjang aktivitas dan proses pengelolaan data.

Baca juga : Bootcamp Data Analyst dari DQLab, Cocok untuk Pemula

Beberapa Skill yang Dibutuhkan

Ada beberapa skill yang kian dibutuhkan oleh setiap pekerja di berbagai bentuk lini bisnis, yaitu komunikasi, problem-solving, analisis data, hingga digital marketing. Tahun 2023 yang menjadi tahun serba data tentunya sangat membutuhkan skill analisis data.

Dalam menganalisis data, ada satu tools yang sering digunakan oleh praktisi maupun pekerja lainnya. Siapa yang tidak pernah mendengar Excel? Software milik microsoft dengan variasi fungsi seperti mengolah data, menganalisis, hingga memvisualisasikannya menggunakan berbagai formula yang tersedia.

Pertumbuhan berbasis data menyebabkan banyak rekruiter maupun perusahaan yang menerapkan Excel sebagai skill wajib yang perlu dikuasai.

Pentingnya Excel

Excel merupakan tools pengolahan data yang menjadi pilihan favorit banyak orang. Tools ini sangat powerful dan memiliki banyak fungsi. Setidaknya Excel akan banyak dimanfaatkan pada proses penginputan, pemrosesan, hingga penyajian data. Tentu saja Excel menyediakan fitur-fitur yang bermanfaat untuk melakukan ketiga proses tersebut.

Selain itu, Excel memiliki rumus dan formula yang sifatnya sederhana hingga advanced. Tidak heran, tools ini selalu menjadi benchmarking bagi perusahaan skala kecil hingga skala besar dan digunakan dalam semua bidang pekerjaan manapun. Apapun jabatannya, apapun posisinya, Excel tetap dibutuhkan dan dipakai dalam aktivitas yang berhubungan dengan data.

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

Melihat pentingnya menguasai skill Excel untuk segala bentuk lini industri, DQLab siap membantu kamu untuk mempelajari dan menguasainya. DQLab merupakan pelatihan Data Science berbahasa Indonesia yang akan membantu kamu untuk mempersiapkan karir di bidang data. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut https://dqlab.id/live-class

Yuk mulai belajar data, karena data untuk semua!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB