LogoDIGINATION LOGO

Makin Mudah! Sekarang Bisa Investasi Reksa Dana Lewat Shopee

author Oleh Nur Shinta Dewi Rabu, 18 Januari 2023 | 17:38 WIB
Share
Share

"Rekomendasi aplikasi Reksadana yang aman dong?"

"Gua sih pakai Bibit. Eh sebentar kayaknya Reksadana Bibit udah ada di Shopee,"

Kabar gembira buat kamu yang masih suka bolong-bolong berinvestasi. Karena sekarang ini, kamu bisa semakin mudah untuk berinvestasi! 

Kalau biasanya kamu buka Shopee buat checkout barang fashion atau makanan sekarang kamu bisa buka Shopee buat checkout produk reksadana. 

Dalam keterangan resmi yang disampaikan awal Januari lalu, Shopee bekerja sama dengan Bibit, memberikan alternatif bagi para pengguna Shopee untuk mulai masuk ke pasar modal dengan cara yang mudah. 

Melalui pilihan fitur investasi untuk pengguna Shopee, Bibit menawarkan investasi mulai dari nominal Rp10 ribu, seluruh proses dilakukan secara online, baik pendaftaran, pembelian, hingga penjualan reksadana. Bahkan pengguna juga dapat melihat imbal hasil investasi mereka secara langsung lewat Shopee.

Selain itu, terdapat berbagai pilihan tipe reksadana, mulai dari reksadana pasar uang, reksadana obligasi, dan reksadana saham yang dapat dipilih sesuai dengan profil risiko pengguna.

Baca juga : Tips Anti Boros buat Kaum Cashless Society

Adapun untuk fitur Investasi Pintar, lebih diarahkan untuk pengguna yang baru belajar investasi atau belum pernah sama sekali. Oleh karenanya, fitur ini didukung dengan reksadana pasar uang. Jenis ini berisiko relatif lebih rendah, sehingga cocok untuk mereka yang baru belajar investasi.

“Shopee senang sekali dapat bermitra dengan Bibit untuk menghadirkan fitur investasi yang dapat diakses melalui aplikasi kami. Dengan adanya fitur ini, kami harap pengguna tidak hanya memanfaatkan aplikasi Shopee untuk berbelanja dan hiburan, tetapi juga dapat menjadi opsi pelengkap kebutuhan terutama dalam perencanaan keuangan bersama Bibit,” ucap Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna.

Sementara itu, perwakilan dari Bibit, PR & Corporate Communication Lead William menambahkan, pihaknya percaya bahwa setiap orang berhak atas masa depan keuangan yang lebih baik melalui investasi yang benar di pasar modal.

“Kami berharap agar integrasi layanan Reksa Dana dan Investasi Pintar melalui aplikasi Shopee tidak hanya membuat investasi reksa dana jadi lebih praktis, namun juga memperluas jangkauan untuk melengkapi kebutuhan pengguna, khususnya dalam perencanaan keuangan,” kata William.

Baca juga : Jalanin Usaha atau Lengkapi Legalitas Usaha Dulu Ya ? Ini Alasan NIB Penting untuk Bisnis

Lebih lanjut, melalui kerja sama ini, nantinya para pengguna cukup melakukan verifikasi akun pada fitur Reksadana atau Investasi Pintar di bagian Pulsa, Tagihan, dan Tiket, di aplikasi Shopee. Selanjutnya, mengikuti langkah-langkah registrasi yang tertera bagi pengguna yang belum memiliki akun Bibit atau klik “mulai” bagi pengguna yang sudah terdaftar di Bibit.

Data OJK menunjukkan, jumlah reksadana yang beredar di publik pada 2021 tercatat mencapai 2.198. Dari jumlah tersebut, nilai aktiva bersih (NAB) tercatat mencapai Rp 578,43 triliun, meningkat tipis 0,85% dibandingkan besaran NAB reksa dana pada 2020.

Meski meningkat tipis, NAB reksadana ini jauh lebih tinggi dibandingkan posisi pada 2017 silam, di mana dari 1.777 reksadana yang beredar, NAB tercatat sebesar Rp 457,5 triliun. Peningkatan NAB ini mengindikasikan peminat investasi reksa dana terus meningkat, sejalan dengan semakin banyaknya kaum milenial yang melek finansial. Tak heran bila semakin banyak pemain wealthtech bermunculan untuk menangkap kesempatan tersebut.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB