LogoDIGINATION LOGO

Kilas Balik Penjualan Makanan Pedas 2022, Biar Lebih Siap Jualan Makanan Pedas Tahun Ini

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 17 Januari 2023 | 18:07 WIB
Share
Share

Siapa yang suka beli seblak, bakso aci, basreng, lidi-lidian, kripca, dan makanan pedas lainnya di Tokopedia? selamat kamu salahsatu orang yang suka beli makanan pedas di Tokopedia! Eits.. tapi jangan cuma jajan, coba dong kamu yang jualan!

Dikutip dari rilis Tokopedia, kategori Makanan dan Minuman spesial makanan pedas menjadi salah satu kategori yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2022. Hal ini diungkapkan Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Melihat tren ini tentu makanan pedas bisa menjadi referensi baru buat kamu membuka usaha di tahun 2023. Apa saja sih trennya? Berikut hasil kilas balik Tren Penjualan Makanan Pedas Sepanjang 2022 di Tokopedia :

1. Tiga Makanan Pedas Kekinian Paling Laris

Tokopedia mencatat kerupuk bawang pedas, bakso digoreng (basreng) dan keripik usus pedas menjadi produk makanan pedas kekinian yang paling laris sepanjang 2022. 

“Makanan dengan cita rasa pedas banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini mendorong banyak pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, menawarkan berbagai jenis makanan pedas, misalnya melalui salah satu kampanye di platform kami, Tokopedia NYAM!,” ujar Ekhel.

Baca juga : UMKM Wajib Simak! 5 Tips Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

2. Penjualan Seblak, Ayam Geprek, dan Oseng Mercon Naik Signifikan

Makanan pedas kekinian lain, seperti seblak, mengalami peningkatan jumlah transaksi di Tokopedia hampir 1,5 kali lipat di tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Selain itu, penjualan ayam geprek melonjak lebih dari 1,5 kali lipat, sedangkan transaksi oseng mercon naik hampir 2 kali lipat lewat Tokopedia,” tambah Ekhel.

3. Jenis Sambal Paling Laris

Bagi sebagian masyarakat, makanan terasa belum lengkap jika tidak ada sambal. Racikan sambal dari berbagai daerah di Indonesia memiliki cita rasa tersendiri.

“Dari berbagai jenis sambal yang ada, sambal bawang, sambal cumi dan sambal terasi merupakan jenis sambal yang paling banyak diburu masyarakat lewat Tokopedia selama 2022,” jelas Ekhel.

4. Daerah yang Paling Banyak Beli dan Jualan Makanan Pedas 

Baca juga : Siap Hadapi Tantangan Ekonomi 2023, Sirclo Paparkan 4 Jurus Jitu Perkuat Strategi Bisnis

Dari beberapa produk yang laku terjual di Tokopedia, ternyata wilayah Jabodetabek, Bandung, Medan dan Surabaya adalah wilayah yang paling sering membeli makanan pedas. Bagi kamu yang tinggal di wilayah ini, bisa tuh dijadiin dagangan baru kalian!

“Jabodetabek, Bandung, Medan dan Surabaya merupakan beberapa daerah yang paling sering membeli makanan pedas sekaligus memiliki jumlah penjual makanan pedas tertinggi di Tokopedia sepanjang 2022 lalu,” tambah Ekhel.

5. Generasi Milenial Paling Sering Beli Makanan Pedas Kekinian

Makanan pedas digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia dari berbagai daerah, latar belakang dan generasi. Tokopedia mencatat generasi milenial, yaitu masyarakat yang lahir pada tahun 1981-1996, menjadi generasi yang paling sering membeli jajanan pedas terlaris di Tokopedia sepanjang 2022.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE