LogoDIGINATION LOGO

Kamu Seorang Desainer Grafis? Tambah Penghasilan Lewat Ini Yuk

author Oleh Nur Shinta Dewi Kamis, 12 Januari 2023 | 17:18 WIB
Share
Share

 

Kamu punya hobi desain atau bekerja sebagai desain grafis? Tawarin jasamu yuk untuk menambah penghasilan. 

Profesi desainer grafis memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Dikutip dari Indeed, gaji rata-rata untuk profesi desainer grafis adalah Rp 3.746.735 per bulan di Indonesia per 8 Januari 2023.

Jika kamu memiliki hobi di bidang ini, tidak ada salahnya kamu Side Job-an untuk menambah penghasilan diluar pekerjaan utamamu. Kamu bisa membuka usaha desain sederhana dan menarik, untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

Lantas apa saja sih usaha yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan lewat desain? Berikut 5 ide bisnis desain grafis yang sedang tren dan bisa dicoba :

  1. Jasa Desain Konten Media Sosial

Di era media sosial saat ini, konten sudah menjadi kebutuhan utama, termasuk untuk promosi produk. Untuk terlihat lebih proper kamu bisa ajukan jasa mu ke brand agar membuat akun mereka lebih eye catching di mata pembeli baru dan pelanggan. 

Baca juga : UMKM Wajib Simak! 5 Tips Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

  1. Usaha Desain Kaos dan Tote Bag 

Selain menjual jasa kamu ke brand, kamu juga bisa menjual desain dalam bentuk kaos dan Tote Bag. Jadikan ciri khas desain kamu sebagai objek yang menghasilkan atau terapkan sistem custom sesuai keinginan konsumen.

  1. Bisnis Casing Ponsel 

Saat ini, casing ponsel jadi barang yang trendy di kalangan anak muda hingga dewasa. Dengan membuat desain casing yang kreatif, kamu bisa meraih cuan yang menjanjikan. Ikuti perkembangan tren untuk memenuhi kebutuhan pasar. Kamu dapat bekerja sama dengan vendor casing dengan bahan yang proper, tapi tetap murah sehingga bisa menjual final product dengan harga yang terjangkau.

  1. Jasa Desain PowerPoint 

Presentasi Sekilas mungkin tampak sepele, tapi usaha ini sangat menjanjikan. Banyak client/ dosen saat ini menilai presentasi bukan hanya dari isi tapi juga dari desain. Kamu bisa menawarkan keahlian desain grafis untuk membuat presentasi seseorang lebih menarik. Target pasarnya pun sangat beragam, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, hingga pekerja kantoran. 

Baca juga : Begini Cara Agar Usaha Kos-kosan Makin Cuan

  1. Jual Desain di NFT

Di era saat ini, kecanggihan blockchain bisa menjadikan desainmu memiliki nilai jual tinggi. Kamu bisa menjual hasil karya desainmu menjadi karya digital NFT. Di blockchain keaslian menjadi hal utama. Jadi jika kamu memiliki idealisme tinggi dengan desainmu, kamu cocok menjualnya di blockchain. Karena blockchain mengutamakan keaslian dan juga ciri khas yang membedakan kamu dengan kreator lainnya.

Itulah beberapa ide bisnis desain grafis yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilanmu. Yuk share pengalaman side job kamu lainnya di dunia desain grafis!

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE

Tips Hemat Naik Pesawat

berikut tips agar bisa lebih hemat naik pesawat domestik di Indonesia!

Selasa, 9 April 2024 | 11:39 WIB